Info Sekolah
Senin, 25 Nov 2024
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Pengaruh Integrasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik

Diterbitkan :

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam era digital seperti sekarang, teknologi informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan relevan. 

Menurut penelitian, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi kinerja akademik Peserta Didik. Dalam penelitian tersebut, penggunaan teknologi informasi mempengaruhi proses pembelajaran dan berdampak pada kinerja akademik Peserta Didik. Selain itu, integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi Peserta Didik dalam belajar, menambah antusiasme dan partisipasi aktif di kelas, meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya serta meningkatkan rasa tanggung jawab dan juga kolaborasi. 

Dalam era digital, integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran menjadi semakin penting. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, pembelajaran dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik Peserta Didik. Namun, perlu diingat bahwa teknologi informasi bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi akademik Peserta Didik. Faktor lain seperti lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan kualitas pengajar juga mempengaruhi prestasi akademik Peserta Didik. 

Dalam kesimpulannya, integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan relevan. Selain itu, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi kinerja akademik Peserta Didik. Namun, perlu diingat bahwa teknologi informasi bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi akademik Peserta Didik. Faktor lain seperti lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan kualitas pengajar juga mempengaruhi prestasi akademik Peserta Didik. 

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: R. Gatot Nurhadi Priyono, S.Kom, Guru Produktif Rekayasa Perangkat Lunak

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Rabu, 1 Mei 2024

Mantap.

Balas
Anni Rahayuningsih
Rabu, 1 Mei 2024

Luar biasa pak Gatot 👍

Balas

Beri Komentar