Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Upaya Promotif dan Preventif SMKN 10 Semarang Bersama Puskesmas Bulu Lor untuk Cegah Stunting

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Jumat pagi, tanggal 10 Februari 2023, SMKN 10 Semarang bekerjasama dengan Puskesmas Bulu Lor melaksanakan kegiatan aksi bergizi cegah stunting. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan remaja dalam hal pengelolaan hidup sehat. Kegiatan yang diselenggarakan terdiri dari aktivitas fisik, edukasi kesehatan, review menu gizi seimbang, dan konsumsi TTD.

Stunting adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kurang tumbuh atau pertumbuhan yang terhambat pada anak. Ini dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi dan gizi yang adekuat sejak masa bayi dan balita, serta faktor lingkungan seperti kurangnya akses air bersih dan sanitasi, dan paparan penyakit. Stunting dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, dan memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan, kognisi, dan produktivitas di masa dewasa. Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah-langkah preventif untuk membantu mencegah stunting dan memastikan anak mendapat asupan nutrisi dan gizi yang adekuat.

Berlokasi di lapangan SMKN 10 Semarang, siswa-siswi kelas X, XI, dan XII berpartisipasi dengan membawa bekal masing-masing dari rumah dan dimakan seusai kegiatana pel bersama. Acara aksi bergizi cegah stunting yang dimulai pada pukul 07.30 WIB berlangsung dengan sukses dan siswa sangat antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan remaja dapat meningkatkan kualitas hidup mereka melalui pengelolaan hidup sehat dan mencegah stunting.

Bapak Helmi Yuhdana H., S.Pd., M.M. selaku waka kesiswaan SMKN 10 Semarang berpendapat bahwa “Melalui kegiatan Aksi bergizi cegah stunting tersebut siswa dan siswi SMKN 10 Semarang bisa mendapatkan pengetahuan atau edukasi tentang apa itu Gizi seimbang, apa itu makanan sehat, dan apa itu manfaat dari aktifitas fisik. Sehingga siswa-siswi SMKN 10 Semarang dapat menjalankan kehidupan sehari-hari yang lebih sehat dan bermartabat.” ujar Bapak Helmi Yuhdana H., S.Pd., M.M. selaku waka kesiswaan SMKN 10 Semarang.

Bekerjasama dengan Puskesmas Bulu Lor, SMKN 10 Semarang menunjukkan komitmennya dalam membangun generasi muda yang sehat dan berkualitas. Ini adalah salah satu upaya nyata untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan mencegah stunting pada remaja sekolah. Kegiatan ini sangat penting untuk membentuk budaya hidup sehat bagi generasi muda di masa depan.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Dhani miary
Kamis, 16 Feb 2023

Smk 10 jaya

Balas

Beri Komentar