Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2023 dan Penyerahan Buku Antologi “Pelik-Pelik Kehidupan” di SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 10 November 2023 – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, SMKN 10 Semarang menggelar upacara yang dihadiri oleh seluruh warga sekolah pada Jum’at, 10 November 2023, di Lapangan SMKN 10 Semarang. Upacara ini bukan hanya sekadar penghormatan kepada pahlawan, tetapi juga menjadi momen istimewa dengan penyerahan buku antologi hasil karya para guru dan siswa.

Pembina upacara, Ibu Dwi Palupi Widyasari, S.Pd., MSi., dengan penuh semangat memimpin upacara, mengajak seluruh peserta untuk merenung dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa. Suasana haru terasa saat bendera Merah Putih dikibarkan setengah tiang sebagai tanda penghormatan.

Seiring dengan upacara Hari Pahlawan, SMKN 10 Semarang juga merayakan keberhasilan terbitnya buku antologi berjudul “Pelik-Pelik Kehidupan Jilid 1, 2, dan 3.” Menariknya, buku ini tidak hanya melibatkan para guru sebagai penulis, tetapi juga melibatkan kontribusi siswa. Kesuksesan penerbitan buku ini berawal dari Gerakan Sekolah Menulis Bersama (GSMB) yang diselenggarakan oleh Nyalanesia.

Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., selaku Kepala Sekolah, turut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru dan siswa yang telah aktif dalam menulis cerpen untuk buku antologi ini. Penyerahan buku dilakukan secara simbolis kepada para penulis oleh Bapak Kepala Sekolah, juga kepada Dra. Sami, kepala perpustakaan SMKN 10 Semarang. Para penulis buku antologi yang mendapatkan penghargaan ini antara lain Ibu Nur Kholifah, S.S., Ibu Digna Palupi, M.Pd, Ibu Aprilia Dwi Asriani, S.Pd., Ibu Husna Amalana, S.Pd., M.Pd., dan Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd.

Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd., salah satu penulis buku, menyampaikan harapannya, “semoga semangat berkarya di bidang literasi dapat menular kepada seluruh warga sekolah sehingga terwujud budaya literasi di sekolah”. Ujar beliau yang menginginkan agar kegiatan menulis ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan di masa mendatang, melibatkan lebih banyak guru dan siswa untuk turut berkontribusi dalam mengembangkan keterampilan menulis cerpen maupun karya tulis lainnya, serta membangun budaya literasi di SMKN 10 Semarang. Beliau juga berharap bahwa buku ini bukan hanya menjadi bacaan, tetapi juga sebagai inspirasi bagi siswa untuk mengeksplorasi kreativitas dan bakat menulisnya.

Acara ini tidak hanya sekadar perayaan, tetapi juga sebuah langkah berharga menuju lebih baik dalam dunia literasi di SMKN 10 Semarang. Dengan semangat Hari Pahlawan yang menyala, harapannya adalah bahwa kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi bagian integral dari perkembangan pendidikan di sekolah sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian sekolah dalam menggali potensi literasi para siswa dan guru.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Dra.Warni
Minggu, 12 Nov 2023

Tetap berkreasi dan berinovasi

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar