Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Jurusan TBSM Kunjungi Production Unit Cilacap: Menyingkap Proses Produksi Oli PT. Pertamina Lubricants

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Cilacap, 22 Nopember 2023 – Sebuah kegiatan kunjungan industri yang menarik berlangsung pada hari Rabu, 22 November  di Production Unit Cilacap. SMK Binaan dari Sales Region IV Semarang mengadakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan langsung kepada siswa-siswi mereka tentang proses produksi oli di PT. Pertamina Lubricants.

Kegiatan ini dihadiri oleh Guru Suparman, S.Pd dan M. Ferdi Firdaus, serta dua siswa TBSM, yaitu Ditto Evaldo dan Riny Gikha Fatmawati. Nara sumber yang memberikan informasi mendalam tentang proses produksi adalah Muh. Subhan Amrullah, seorang Senior CSR Officer dari PT. Pertamina Lubricants.

Mulai dari pukul 13.30 hingga 15.00, para peserta kunjungan diajak untuk memahami setiap tahap produksi oli. Proses dimulai dari pengecekan bahan dasar oli, terutama base oil dan zat aditif. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk melihat penampungan base oil dan zat aditif, serta proses pencampuran (mixture) antara zat aditif dan base oil.

Siswa-siswa melihat bagaimana oli dikemas baik dalam botol maupun drum, serta proses tempat penyimpanan oli yang siap untuk dijual ke pasar. Kegiatan ini memberikan pemahaman mendalam kepada para siswa tentang pentingnya setiap tahapan dalam produksi oli yang melibatkan ketelitian dan standar kualitas tinggi.

Tujuan dari kunjungan industri ini adalah untuk mengenalkan industri Teknologi dan Produk Pelumas PT. Pertamina Lubricants kepada para siswa. Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan ini, diharapkan mereka dapat memahami betapa pentingnya industri lokal, seperti PT. Pertamina Lubricants, dalam mendukung pembangunan bangsa.

Guru SMKN 10 Semarang Suparman, S.Pd menyatakan, “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa-siswi kami. Kami berharap melalui kunjungan ini, mereka dapat lebih memahami proses produksi dan kualitas oli dari PT. Pertamina Lubricants serta menjadi pemahaman yang berharga untuk masa depan mereka, sekaligus menginspirasi mereka untuk selalu menggunakan produk anak bangsa sendiri.”

Harapan dari kegiatan ini adalah agar siswa-siswa dapat membawa pengalaman dan pengetahuan baru tentang industri oli, khususnya dari produsen lokal seperti PT. Pertamina Lubricants. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat menjadi generasi yang lebih paham dan mendukung produk-produk unggulan bangsa.

Penulis : Suparman, S.Pd, Guru TBSM SMKN 10 Semarang

Editor : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Ferdi
Kamis, 23 Nov 2023

Sukses

Balas
Suparman, S.Pd
Kamis, 23 Nov 2023

Semangat siswa siswa tbsm

Balas
Riny
Kamis, 23 Nov 2023

Bissmillah

Balas
Kamis, 23 Nov 2023

Matur nuwun teman-teman TBSM

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas
Landung jati ismoyo
Rabu, 20 Des 2023

Trima kasih .sangat bermanfaat

Balas

Beri Komentar