Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

SMKN 10 Semarang Ikuti Workshop Perencanaan Pengembangan Perpustakaan Sekolah

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang – SMKN 10 Semarang telah mengikuti Workshop Perencanaan Pengembangan Perpustakaan Sekolah yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 11 Juli 2023, dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai, bertempat di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah, lantai 4, Jl. Sriwijaya No. 29a.

Workshop tersebut dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari tenaga perpustakaan dari berbagai sekolah tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam perencanaan pengembangan perpustakaan, sehingga perpustakaan sekolah di Jawa Tengah dapat memiliki perencanaan yang baik dan mampu mewujudkan perpustakaan yang berstandar Nasional.

Workshop ini mendapatkan dukungan dari narasumber yang berkompeten di bidangnya. Narasumber pertama adalah Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd., yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Beliau memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam dunia pendidikan dan literasi. Narasumber kedua adalah Itmamudin, SS, MIP, yang merupakan Pembina Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Beliau memiliki keahlian dalam bidang perpustakaan dan telah banyak berkontribusi dalam pengembangan perpustakaan di daerah.

Anni Rahayuningsih, S.Hum, yang merupakan tenaga perpustakaan dari SMKN 10 Semarang, turut serta dalam kegiatan ini sebagai perwakilan sekolah. Keikutsertaannya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perpustakaan SMKN 10 Semarang dan meningkatkan kapabilitasnya dalam merencanakan pengembangan perpustakaan.

Dalam workshop ini, peserta diajak berpikir kritis, bertukar informasi, dan belajar dari pengalaman narasumber dan peserta lainnya. Materi yang disampaikan meliputi pentingnya perencanaan perpustakaan, langkah-langkah dalam menyusun perencanaan, serta strategi pengembangan perpustakaan yang efektif. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi ide.

Diharapkan melalui kegiatan ini, para tenaga perpustakaan di Jawa Tengah dapat memiliki pemahaman yang mendalam mengenai perencanaan perpustakaan yang baik dan mampu mengimplementasikannya di perpustakaan sekolah masing-masing. Dengan demikian, perpustakaan sekolah di Jawa Tengah akan menjadi lebih maju dan berdaya saing, serta memberikan manfaat yang optimal bagi perkembangan literasi dan pendidikan di daerah tersebut.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Editor: Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Jumat, 14 Jul 2023

Semangattt Tim Perpus SMKN10 SEMARANG

Balas
Johan h
Jumat, 14 Jul 2023

Smkn 10 semarang jaya, terus berkarya

Balas

Beri Komentar