Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

SMKN 10 Semarang Ikuti Sosialisasi EKOSP dan EKTSP Dari Cabdin I

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, Senin (15/5/2023) – Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I melaksanakan acara sosialisasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KOSP) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Senin, 15 Mei 2023. Acara ini berlangsung di SMKN 7 Semarang dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait dalam dunia pendidikan.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Bapak Sunarto, S.Pd, M.Pd. Ia didampingi oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Semarang dan Koordinator Pengawas. Dalam sambutannya, Bapak Sunarto mengungkapkan pentingnya sosialisasi KOSP dan KTSP dalam memajukan pendidikan di SMK Kota Semarang.

Sosialisasi ini diisi oleh beberapa narasumber yang ahli di bidangnya. Dr. Ahlis Qoidah Noor, S.Pd., M.Pd, salah satu narasumber, membahas tentang Sosialisasi Tim Pengembang Kurikulum SMK serta memberikan kilas balik mengenai pendampingan E-KTSP dan E-KOSP. Dalam paparannya, Dr. Ahlis Qoidah Noor memberikan wawasan yang mendalam mengenai pengembangan kurikulum di SMK serta review dalam penyusunan KTSP dan KOSP.

Selanjutnya, Drs. Slamet Sarjono, MM, juga menjadi narasumber dalam acara ini. Beliau membahas mengenai pengelolaan dan penulisan ijasah, yang merupakan salah satu aspek penting dalam sistem pendidikan. Drs. Slamet Sarjono memberikan penekanan pada pentingnya pengelolaan yang baik dan akurat serta penulisan ijasah yang jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adib Jamaluddin, S.Pd, narasumber terakhir dalam acara ini, membahas mengenai Aplikasi E-KTSP. Ia memaparkan keunggulan dan manfaat dari penerapan aplikasi ini dalam pengelolaan kurikulum. Dalam paparannya, Adib Jamaluddin juga memberikan contoh-contoh penerapan aplikasi E-KTSP.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, menyambut baik kegiatan sosialisasi KOSP dan KTSP yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan harapannya untuk adanya peningkatan kualitas sekolah dalam menyusun EKOSP dan EKTSP.

Bapak Ardan Sirodjuddin mengungkapkan bahwa sosialisasi ini sangat penting bagi pengembangan kurikulum di SMKN 10 Semarang. Menyusun EKOSP dan EKTSP yang baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan akan memberikan arah yang jelas bagi pengelolaan pendidikan di sekolah tersebut. Dengan adanya panduan yang lebih terstruktur, diharapkan proses belajar-mengajar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, Bapak Ardan Sirodjuddin juga mengapresiasi penggunaan teknologi dalam penyusunan EKOSP dan EKTSP. Dengan adanya aplikasi E-KTSP, diharapkan proses pengelolaan kurikulum dapat lebih terintegrasi, transparan, dan mudah diakses oleh semua pihak terkait. Hal ini akan mempermudah pemantauan dan evaluasi terhadap pencapaian tujuan pendidikan di SMKN 10 Semarang.

Acara sosialisasi KOSP dan KTSP ini dihadiri oleh kepala sekolah, waka kurikulum, dan staf kurikulum dari berbagai SMK Negeri dan Swasta di Kota Semarang. Mereka diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan para narasumber untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai KOSP dan KTSP.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan KOSP dan KTSP SMK di Kota Semarang. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan dapat terus berkembang dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Penulis : Janto, Waka Kurikulum SMKN 10 Semarang

Editor   : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Rika tri wahyuni
Rabu, 17 Mei 2023

Lebih baik kedepannya dan makin maju

Balas

Beri Komentar