Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

SMKN 10 Semarang Hadiri Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 18 September 2023 – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengukuhkan seorang guru besar yang luar biasa dalam Sidang Senat Terbuka yang diselenggarakan di MAC Ballroom, Jl. Majapahit No 168, Semarang. Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M. Sos, turut hadir dalam pengukuhan ini yang menjadi sebuah penghormatan bagi Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom, yang kini resmi mendapatkan predikat guru besar dalam Bidang Ilmu Teknik Informatika di usia yang masih 40 tahun.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom, membahas tentang “Kecerdasan Buatan untuk Pelestarian Alam dan Budaya Retrospek dan Prospek.” Beliau mengungkapkan bahwa konsep industri 5.0 bukanlah pengganti atau alternatif dari industri 4.0, melainkan sebuah evolusi dan kelanjutan dari industri 4.0. Industri 5.0 lebih berfokus pada nilai-nilai, seperti nilai sosial dan ekologis. Tujuannya adalah menciptakan industri yang lebih manusiawi, berkelanjutan, dan tangguh. Menariknya, baik industri 5.0, industri 4.1, maupun industri 4.0 memiliki satu dukungan yang sama, yaitu kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Udinus telah meraih prestasi unggul dengan memiliki 29 program studi dengan akreditasi unggul. Namun, salah satu prestasi yang diinginkan adalah peningkatan jumlah guru besar. Udinus berharap menuju status perguruan tinggi unggul dan berkelas dunia dengan setidaknya memiliki 29 guru besar, bukan berdasarkan program studi, tetapi berdasarkan kelompok keilmuan. Saat ini, Udinus sedang berusaha untuk meningkatkan akreditasi program studi kedokteran agar dapat membuka program spesialis yang akan membantu dalam penyediaan tenaga kesehatan, terutama dokter spesialis, sesuai dengan kebutuhan pemerintah.

Penulis : Nindar, Guru Bahasa Inggris SMKN 10 Semarang.

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Sabtu, 30 Sep 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar