Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Hadiri Pameran Kolaborasi 33 Museum Prasasti Ranggawarsita 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Selasa (13/6/2023), 10 siswa SMKN 10 Semarang didampingi oleh Bapak Aris Guntoro, S.Sn., Guru Seni Budaya SMKN 10 Semarang menghadiri Pameran Kolaborasi 33 Museum Prasasti Ranggawarsita 2023 yang digelar di Auditorium Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.

Museum Ranggawarsita terletak di Jl. Abdulrahman Saleh No.1 Kalibanteng Kidul, Semarang. Dilansir pada laman ranggawarsitamuseum.id, Museum Ranggawarsita merupakan museum terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Museum ini memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Desain bangunan Museum Ranggawarsita bergaya klasik (joglo) post-modernisme dengan luas sekitar 1,8 hektar menambah kemegahan bangunan museum.

Pameran Kolaborasi 33 Museum Prasasti Ranggawarsita 2023 dengan tema “Merawat Titipan Nusantara” digelar selama lima hari, mulai Jumat (9/6/2023) malam hingga Selasa (13/6/2023). Pembukaan secara resmi dilakukan pada Jumat malam oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Bapak Sumarno, SE, MM didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd, M.Pd. serta Kepala Museum Ranggawarsita, Bapak Drs. Djoko Nugroho Witjaksono, MA. Pada Prasasti Ranggawarsita 2023 dipamerkan sejumlah koleksi dari 33 museum se-Indonesia tentang perjalanan sejarah peradaban Nusantara.

Bapak Aris Gutoro menyampaikan bahwa kolaborasi antara 33 museum se-Indonesia adalah upaya yang luar biasa untuk memperluas pemahaman dan apresiasi terhadap kekayaan budaya Indonesia. Kami telah mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk melihat koleksi yang beragam dan unik dari berbagai museum di seluruh Indonesia, serta mendapatkan wawasan baru tentang sejarah, seni, arkeologi, atau aspek budaya lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Kolaborasi semacam ini dapat memperkuat ikatan antara museum-museum di seluruh Nusantara dan mendorong pertukaran pengetahuan, serta pengalaman dari berbagai daerah di Indonesia. Harapannya setelah mengunjungi pameran tersebut, dapat lebih terhubung dengan warisan budaya Indonesia dan memiliki keinginan untuk menjelajahi lebih lanjut tentang sejarah dan kekayaan budaya negara ini. Ini adalah kesempatan yang berharga untuk terus belajar dan menghargai warisan budaya kita sendiri.

Siswa-siswi SMKN 10 Semarang yang menghadiri Pameran Prasasti Ranggawarsita 2023 mengungkapkan bahwa pameran tersebut sangat menyenangkan dan bermanfaat. “Kedatangan kami disambut baik oleh pihak Museum Ranggawarsita dan berbagai kegiatan yang menyenangkan, tidak hanya itu banyak sekali peninggalan sejarah dipamerkan sehingga dapat memperluas wawasan kami. Kami juga menjawab kuis untuk mendapatkan kaos gratis” ungkap Fajar X RPL 2. Hal senada disampaikan pula oleh Aloy X TBSM 2, ia mengungkapkan bahwa pihak museum sangat ramah dan menyambut dengan hangat, disana banyak sekali pameran dan mereka diajak membuat animasi bergambar.

Respon positif banyak disampaikan oleh siswa-siswi SMKN 10 semarang terhadap Pameran Prasasti Ranggawarsita 2023 “Kami berkunjung ke berbagai pameran museum di Indonesia, seperti Museum Bank Indonesia, Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Museum Batik dan masih banyak lagi. Kami sangat senang berada di pameran tersebut, tidak hanya mengedukasi, tapi juga dapat melihat secara langsung koleksi dari berbagai museum di Indonesia dalam ruangan yang luas dan megah” ujar Anisa X RPL 1.

Penulis : Husna Amalana, S.Pd., Guru Mapel IPAS SMKN 10 Semarang

Editor  : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

7 Komentar

Nur farhan
Kamis, 15 Jun 2023

Hebat

Balas
Dimas putra
Kamis, 15 Jun 2023

matapp kerenn💪💪

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Kamis, 15 Jun 2023

Okey…

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Kamis, 15 Jun 2023

Okey…sip

Balas
Charisma Chafita Dewi
Jumat, 16 Jun 2023

Sukses & jaya selalu untuk kegiatan positif di SMKN 10 Semarang

Balas
winda abella
Jumat, 16 Jun 2023

smkn 10 hebat👍

Balas
cindi dwi nofitasari
Jumat, 16 Jun 2023

hebat , kerennn….

Balas

Beri Komentar