Info Sekolah
Minggu, 19 Mei 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

SMKN 10 Semarang Hadir Dalam Sosialisasi Program Konversi Motor Listrik ESDM

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 4 Oktober 2023 – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) telah mengambil inisiatif penting untuk mendukung penurunan emisi karbon di sektor transportasi dengan mengadopsi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Langkah ini sejalan dengan Surat Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan Konversi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM RI Nomor: B-833/EK.07/BPE/2023, yang diterbitkan pada tanggal 4 Oktober 2023.

Sebagai langkah nyata untuk mendukung upaya penurunan emisi karbon di sektor transportasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI)  mengadakan sosialiasi Program Konversi Motor Listrik. Acara tersebut berupa Bimbingan Teknis Konversi Motor Bahan Bakar Minyak (BBM) Menjadi Motor Listrik yang akan digelar pada hari Rabu, tanggal 11 Oktober 2023. Acara ini akan dimulai pukul 08.30 WIB dan berlangsung hingga selesai. Tempat pelaksanaan acara ini akan berlokasi di Hotel Gumaya, yang terletak di Jalan Gajahmada No.59-61, Kota Semarang.

Dalam acara tersebut, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Semarang mengirimkan dua peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini. Dua peserta tersebut adalah Bapak Suparman, Ketua Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor, dan Bapak Gesit Trimakno, guru di jurusan yang sama.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, menyambut baik langkah-langkah yang diambil oleh Kementerian ESDM dalam mendukung konversi motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik. Ia menyatakan harapannya bahwa sekolah ini dapat menjadi bagian aktif dalam program konversi motor listrik yang digagas oleh Kementerian ESDM.

Bapak Ardan Sirodjuddin menjelaskan, “SMKN 10 Semarang memiliki dua jurusan yang relevan dengan program ini, yaitu Teknik Pengelasan Fabrikasi Logam dan Teknik Bisnis Sepeda Motor. Kami siap sepenuhnya mendukung Program Konversi Motor Listrik ini. Semoga program ini dapat memberikan manfaat besar dalam mengurangi emisi karbon di sektor transportasi, sekaligus memberikan kesempatan bagi siswa-siswa kami untuk memahami teknologi yang lebih ramah lingkungan.”

Dengan semangat kerja sama dan kesadaran akan pentingnya transisi ke kendaraan berbasis listrik, diharapkan program ini akan memberikan kontribusi positif dalam upaya mengurangi emisi karbon dan mendukung mobilitas berkelanjutan di Provinsi Jawa Tengah.

Penulis : Suparman, S.Pd, Ketua Jurusan TBSM SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Muslim Anwar
Kamis, 12 Okt 2023

Mantap dan luar biasa..semoga berkah dan bermanfaat

Balas

Beri Komentar