Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Gelar Bimbingan Mental Jurusan TPK untuk Membentuk Karakter Siswa

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pelaksanaan kegiatan bimbingan mental (BINTAL) jurusan TPK di SMKN 10 Semarang resmi dimulai hari ini. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 12 hingga 14 Juni 2023, dengan fokus pada pelatihan kepemimpinan. Para siswa kelas X jurusan TPK yang antusias mengikuti kegiatan ini berharap untuk mendapatkan motivasi, pembinaan, serta pengetahuan dalam organisasi dan pembentukan karakter.

Bimbingan mental jurusan TPK di SMKN 10 Semarang merupakan kegiatan tahunan yang memiliki tujuan untuk memberikan motivasi dan pembinaan kepada siswa. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan materi tentang organisasi, peraturan baris-berbaris (PBB), serta sebagai ajang bagi siswa untuk saling mengenal satu sama lain dan memperluas lingkup pergaulan.

Sebagai narasumber dalam kegiatan bintal ini, Bapak Ibu Guru Produktif jurusan TPK turut berpartisipasi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam kepemimpinan. Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga terdapat peran penting yang diberikan kepada siswa kelas XI. Mereka yang sudah menjadi staff bintal ditunjuk sebagai pengurus kegiatan. Para siswa kelas XI diberikan pelatihan dalam hal perencanaan, pembuatan proposal, serta mengorganisasikan seluruh kegiatan bintal. Hal ini bertujuan untuk melatih siswa dalam mengurus suatu kegiatan secara mandiri serta mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka.

Acara bintal jurusan TPK ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa bintal merupakan wadah penting dari sekolah untuk mengatasi kegiatan negatif, seperti tawuran dan kriminalitas. BINTAL diharapkan dapat membentuk mental dan karakter siswa agar menjadi individu yang bertanggung jawab dan memiliki nilai-nilai luhur.

Para peserta bintal, yaitu siswa kelas X jurusan TPK SMKN 10 Semarang, sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Mereka berharap dapat mengembangkan diri, memperoleh keterampilan kepemimpinan, serta memperluas jaringan pertemanan dalam lingkungan sekolah. Selain itu, mereka juga menyadari pentingnya kegiatan ini dalam membentuk karakter yang kuat dan positif untuk masa depan mereka.

Dengan dilaksanakannya kegiatan bimbingan mental jurusan TPK di SMKN 10 Semarang ini, diharapkan siswa dapat memperoleh manfaat yang berharga dalam pengembangan diri mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bukti nyata komitmen sekolah dalam membentuk generasi muda yang berkualitas, bertanggung jawab, dan memiliki karakter yang baik.

Penulis : Riska Nur Sa’diyah, S.Pd., Guru Matematika SMKN 10 Semarang

Editor  : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

16 Komentar

Aprilia Dwi Asriani
Senin, 12 Jun 2023

BINTAL sangat penting melatih jiwa kepemimpinan,membentuk mental dan karakter siswa yang mandiri, bertanggung jawab untuk masa depannya.

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Senin, 12 Jun 2023

Dengan berbasis dan berkarakter, taruna Mesin Kapal dapat melatih diri menjadi pribadi yg ulet, tangguh, berwibawa, cakap dan mandiri … Bravo TIPK

Balas
Drs. Mustofa, M.Si.
Senin, 12 Jun 2023

Luar biasa. Ini karakter siswa SMKN 10 yang sesungguhnya, yang belakangan ini mulai dikaburkan oleh segelintir oknum mantan siswa yang tidak bertanggung jawab.

Balas
johan h
Senin, 12 Jun 2023

Terima kasih.. Tulisan guru smkn 10.. sangat menginspirasi.. mantap

Balas
Suhermawan
Selasa, 13 Jun 2023

Setuju dengan kegiatan ini. Harapannya, bisa membentuk karakter siswa yang disiplin, patuh aturan & menciptakan lingkungan sekolah yang tertib. Bravo!

Balas
Rabu, 14 Jun 2023

Tetap semangat bagi bapak/ibu guru smkn10semarang

Balas
wibowo adi
Rabu, 14 Jun 2023

SMKN 10 SEMARANG HEBATTTT

Balas
wibowo adi
Rabu, 14 Jun 2023

SMKN 10 SEMARANG JAYA JAYA JAYA

Balas
wibowo adi
Rabu, 14 Jun 2023

SMKN 10 SEMARANG JAYA

Balas
wibowo
Rabu, 14 Jun 2023

hebat

Balas
wibowo
Rabu, 14 Jun 2023

sangat kreatif

Balas
Jesyca achmad fitria
Rabu, 14 Jun 2023

semoga smk 10 semakin maju kedepannya

Balas
Egis putra
Kamis, 15 Jun 2023

SANGAT SETUJU DENGAN KEGIATAN BINTAL

Balas
Ditto evaldo
Kamis, 15 Jun 2023

Semoga tersemogakan smk N 10 Semarang

Balas
Luthfi hakim
Selasa, 20 Jun 2023

SMK negeri 10 sangat menginspirasi 👍

Balas
Natanael Gayoh
Senin, 10 Jul 2023

Smk negri 10 sangat menginspirasi

Balas

Beri Komentar