Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

SMKN 10 Ikuti Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri Angkatan 2: Pelatihan Pengelasan Shielded Metal ARC Welding (SMAW)

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi yang selanjutnya disingkat BBPPMPV merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Bidang Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi. BBPPMPV berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi.

BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) mengadakan program pelatihan upskilling dan reskilling guru kejuruan berstandar industri. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para guru kejuruan dalam mengajarkan materi-materi terbaru yang relevan dengan dunia industri.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 minggu, mulai dari tanggal 26 Februari hingga 18 Maret 2023. Tempat pelaksanaan pelatihan adalah di BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI), Jalan Pasantren, Km. 2, Cibabat, Cimahi Utara.

Materi pelatihan yang akan diberikan pada program ini adalah Pelatihan Pengelasan Shielded Metal ARC Welding (SMAW). Materi ini merupakan salah satu materi yang sangat penting dan relevan dengan industri manufaktur saat ini. SMAW adalah teknik pengelasan yang menggunakan elektroda yang dilapisi dengan bahan pelindung untuk menghasilkan sambungan las yang kuat dan tahan lama.
Peserta pelatihan akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai teknik pengelasan SMAW, mulai dari persiapan material, pemilihan elektroda yang tepat, teknik pengelasan, hingga pengamatan hasil las. Para peserta pelatihan akan mendapatkan pelatihan dari para ahli di bidang pengelasan SMAW yang berpengalaman dalam dunia industri.

Bapak Septiyo Arianto, S.Pd. merupakan salah satu peserta yang mewakili SMKN 10 mengikuti pelatihan ini. Beliau mengharapkan agar pelatihan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kemajuan dirinya sendiri, jurusannya, serta SMKN 10 Semarang tempat beliau mengajar. Dengan pengetahuan dan keterampilan baru mengenai teknik pengelasan SMAW yang diperoleh dari pelatihan ini, Bapak Septiyo berharap dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi para siswa dan membantu mereka dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia industri.

Diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan, para peserta pelatihan dapat mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah serta memperkenalkan teknik pengelasan SMAW kepada siswa untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan industri di masa depan.

Penulis : Anni Rahayuningsih, S.Hum., Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

EditorĀ  : Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar