Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMK Negeri 10 Semarang Mengikuti Kegiatan Penyusunan Modul Ajar SMK Region Timur Tahap 1

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kamis (19/6/2023), SMK Negeri 10 Semarang telah mengikuti kegiatan Penyusunan Modul Ajar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi pada tanggal 12 sampai 14 Juni 2023 yang bertempat di Hotel dan Residences Riverview Kuta Bali. Kegiatan yang diikuti oleh Guru SMK se-Jawa Tengah dan Bali ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyamakan persepsi panduan pembelajaran dan asesmen serta penyusunan draft modul ajar untuk SMK.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini meliputi kegiatan pembukaan, pemberian materi, penyusunan draft modul ajar serta penutup. Pada kesempatan ini kegiatan dibuka oleh Dr. Wardhani Sugiyanto, M.Pd selaku direktur SMK yang didampingi oleh Mochammad Widiyanto, S.Pd, MT selaku Koordinator Pokja Penjaminan Mutu. Dr. Wardhani menyampaikan bahwa modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Modul ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (mencakup media pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Adapun materi yang diberikan adalah penyamaan persepsi panduan pembelajaran dan asesmen, serta pemahaman CP, TP, ATP dan modul ajar. Sebagai pemateri diantaranya adalah Eskawati Musyarofah B, S.Si, M.Pd dari pusat kurikulum dan pembelajaran materi, Dr. Ir. Widi Agustin, dan Drs. Mansyur Syah, M.M dari Praktisi Pendidikan Jawa Barat, serta pendamping penyusunan modul ajar adalah Tim Fasilitator Modul Ajar.

Panitia berharap setelah selesai mengikuti kegiatan ini bapak/ibu guru bisa menyusun modul ajar dengan baik dan benar sesuai dengan komponen yang ada pada modul ajar, yaitu: 1. Tujuan Pembelajaran, 2. Langkah-langkah Pembelajaran, 3. Asesmen Pembelajaran, dan 4. Media Pembelajaran. Jika modul ajar yang disusun sesuai dan benar maka modul ajar dapat membantu dan memudahkan guru untuk memberikan pembelajaran terbaik bagi peserta didik.

Penulis : Hesti Sulistiyowati, S.Pd, M.Si

EditorΒ  : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Elmina Ita Kusumawardani
Jumat, 23 Jun 2023

Semangat bp ib…

Balas
Hesti
Jumat, 23 Jun 2023

SMK Negeriv10 Semmarang TOP banget..

Balas
Digna Palupi
Jumat, 23 Jun 2023

SMk Negeri 10 semakin mantap πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Suparyati
Jumat, 23 Jun 2023

SMKN 10 semakin ok πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas

Beri Komentar