Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Seminar Edukasi Bahaya Narkotika dan Merokok di SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang – Satu dari empat remaja di Kota Semarang adalah pecandu rokok. Data ini diungkapkan oleh Ketua PMI Kota Semarang, Dr. dr. Awal Prasetyo, M.Kes, Sp THT-KL MM, dalam seminar edukasi yang digelar di SMKN 10 Semarang, Rabu (7/2/2024).

Seminar edukasi ini merupakan kerjasama antara Terminal Peti Kemas Semarang dengan PMI Kota Semarang, sebagai bagian dari Bulan K3 BUMN. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada siswa, guru, dan karyawan SMKN 10 Semarang tentang bahaya narkotika dan merokok bagi kesehatan dan masa depan.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi remaja di Kota Semarang yang banyak terjerumus ke dalam perilaku merokok dan bahkan narkotika. Ini adalah ancaman serius bagi generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, kami berharap seminar edukasi ini bisa memberikan pencerahan dan motivasi kepada para peserta untuk menjauhi hal-hal negatif tersebut,” ujar Dr. Awal Prasetyo, yang juga menjadi pembicara utama dalam seminar edukasi ini.

Dalam paparannya, Dr. Awal Prasetyo menjelaskan tentang dampak buruk narkotika dan merokok bagi kesehatan fisik dan mental, seperti gangguan pernapasan, jantung, otak, ginjal, hati, kulit, gigi, dan sebagainya. Ia juga menekankan bahwa narkotika dan merokok bisa menyebabkan ketergantungan, kecanduan, penurunan prestasi, perubahan perilaku, dan bahkan kematian.

“Kami mengimbau kepada para remaja untuk tidak mudah terpengaruh oleh teman, lingkungan, media, atau hal lain yang bisa memicu mereka untuk mencoba narkotika atau merokok. Jangan sampai masa depan kalian hancur karena hal-hal tersebut. Kalian harus memiliki cita-cita, tujuan, dan mimpi yang tinggi, serta berusaha untuk mewujudkannya dengan cara yang positif dan sehat,” pesan Dr. Awal Prasetyo.

Selain Dr. Awal Prasetyo, seminar edukasi ini juga menghadirkan General Manager Terminal Peti Kemas Semarang, Bapak I Nyoman Sudhiarta, yang memberikan sambutan dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap seminar edukasi ini bisa menjadi awal dari kerjasama yang baik antara Terminal Peti Kemas Semarang dengan PMI Kota Semarang dan SMKN 10 Semarang, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Semarang.

“Kami sebagai salah satu BUMN di Kota Semarang, merasa memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi dalam pembangunan dan pendidikan di Kota Semarang. Kami berterima kasih kepada PMI Kota Semarang dan SMKN 10 Semarang yang telah bersedia bekerjasama dengan kami dalam menyelenggarakan seminar edukasi ini. Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi para peserta, khususnya siswa SMKN 10 Semarang, yang merupakan calon-calon tenaga kerja yang potensial di masa depan,” kata Bapak I Nyoman Sudhiarta.

Seminar edukasi ini juga dihadiri oleh Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M. Pd, Pengawas SMK, Bapak Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M. Pd, dan Ketua Komite, Bapak Zainal Abidin Petir. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Terminal Peti Kemas Semarang dan PMI Kota Semarang yang telah memberikan kesempatan kepada SMKN 10 Semarang untuk mengikuti seminar edukasi ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat sesuai dengan visi dan misi kami sebagai sekolah yang berorientasi pada kesejahteraan dan kesehatan siswa. Kami berharap seminar edukasi ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi siswa kami untuk lebih peduli dengan kesehatan mereka sendiri dan lingkungan sekitar. Kami juga berharap seminar edukasi ini bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Kota Semarang untuk mengadakan kegiatan serupa,” ucap Bapak Ardan Sirodjuddin.

Seminar edukasi ini berlangsung selama dua jam, dari pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB, dan diikuti oleh sekitar 200 peserta, yang terdiri dari siswa, guru, dan karyawan SMKN 10 Semarang. Selama seminar edukasi ini, para peserta tampak antusias dan aktif dalam mengikuti materi dan sesi tanya jawab yang disampaikan oleh pembicara.Β 

Penulis : Anni Rahayuningsih, S. Hum, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang.Β 

Artikel ini memiliki

16 Komentar

Mohammad yunan
Minggu, 11 Feb 2024

SMKN 10 Semarang berperan aktif menciptakan generasi emas Indonesia 2045

Balas
Noor Achmat
Senin, 12 Feb 2024

peduli kesehatan

Balas
Helmi Yuhdana H
Senin, 12 Feb 2024

Semoga bermanfaat

Balas
Suparman, S.Pd
Senin, 12 Feb 2024

MantapπŸ‘

Balas
verry wijaya
Senin, 12 Feb 2024

semoga bermanfaat

Balas
Sami
Senin, 12 Feb 2024

Peduli sehat bermanfaat

Balas
Suwarni
Senin, 12 Feb 2024

Mantab, Pedulili kesehatan

Balas
Tri Hartutik
Senin, 12 Feb 2024

Alhamdulillah , mantab

Balas
Hikma Nurul Izza
Senin, 12 Feb 2024

Mantap

Balas
maskur
Senin, 12 Feb 2024

Alhamdulillah

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Senin, 12 Feb 2024

Seminar yang sangat bermanfaat.

Balas
Muslim Anwar
Selasa, 13 Feb 2024

Mantap.semoga berkah dan.bermanfaat

Balas
Husna
Selasa, 13 Feb 2024

Hebat dan menginspirasi πŸ‘πŸ‘

Balas
Husna
Selasa, 20 Feb 2024

Hebat dan menginspirasi πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Kamis, 22 Feb 2024

Peduli sehat

Balas
Rabu, 28 Feb 2024

Bahaya Narkotika dan merokok… jossss…

Balas

Beri Komentar