Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Semangat Emansipasi di SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang (21/04/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Ibu Kartini, SMKN 10 Semarang melaksanakan upacara yang berlangsung khidmat di halaman sekolah pada hari Senin, 21 April 2024. Upacara ini dihadiri oleh guru, karyawan, dan siswa SMKN 10 Semarang, menunjukkan semangat kebersamaan dan penghormatan terhadap pahlawan emansipasi wanita Indonesia.

Pembina upacara, Ibu Susanti, S.Pd, guru Bahasa Inggris di SMKN 10 Semarang, menyampaikan amanat yang menggugah tentang pentingnya pendidikan bagi perempuan. Beliau menekankan bahwa pendidikan bukan hanya tentang mempelajari fakta dari buku teks, melainkan melatih pikiran untuk berpikir secara kritis dan mandiri. Mengutip Philipp Frank dalam bukunya Einstein: His Life and Times (1947), Ibu Susanti mengingatkan bahwa pendidikan adalah hak istimewa yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin, terutama di era saat ini dimana masih banyak anak yang belum mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd, menambahkan bahwa peringatan Hari Lahir Kartini merupakan momen untuk menegaskan bahwa SMKN 10 Semarang adalah tempat yang ramah bagi pelajar putri. Beliau berharap agar para orang tua dan wali murid tidak ragu untuk memilih SMKN 10 Semarang bagi putri mereka yang akan melanjutkan pendidikan di tingkat menengah atas.

Dengan semangat Hari Kartini, SMKN 10 Semarang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menggelorakan semangat kesetaraan gender di dunia pendidikan. Sekolah ini berkomitmen untuk menjadi juara kelas, menjadi pilihan terbaik bagi siswa yang ingin melanjutkan studi, dan terus ramah dalam menyambut pelajar putri.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru Pengelasan SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Dra.Warni
Senin, 22 Apr 2024

Semangat melaksanakan upacara dlm.rangka memperingati hari kartini meski dgn kesederhaan.namun yg penting semangat untuk meneladanj nilai-nilai yg ditanamkan dari RA.Kartini.akan menambah semangat para generasi penerusbgs ini.

Balas
Johan h
Selasa, 23 Apr 2024

Habis gelap terbitlah terang .. smkn 10 semarang jaya menyongsong masa depan.. memberi manfaat dan menginspirasi..

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Sabtu, 27 Apr 2024

Setuju.

Balas

Beri Komentar