Info Sekolah
Senin, 25 Sep 2023
  • SMKN 10 Semarang meraih best kinerja 2022 dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I

Pramuka SMKN 10 Semarang Turut Menjaga Keamanan Kirab Dugderan Kota Semarang 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita

SMKN 10 Semarang menunjukkan dukungannya terhadap Tradisi Dugderan Kota Semarang dengan turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan acara Karnaval Dugderan yang digelar pada hari Selasa, 21 Maret 2023. Beberapa siswa SMKN 10 Semarang tergabung dalam Anggota Saka Wira Kartika Kota Semarang dan Penegak, Pandega Kota Semarang Satuan Saka Wira Kartika Kodim 0733 Kota Semarang yang bertugas menjaga keamanan acara tersebut.

Tradisi Dugderan merupakan acara tahunan yang menjadi ciri khas Kota Semarang yang digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Acara Karnaval Dugderan Kota Semarang 2023 diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang yang dimulai dengan prosesi dan pertunjukan tari-tarian termasuk tarian Warak Ngendhog yang khas di Balai Kota, kemudian kirab dilanjutkan dengan berjalan menuju Masjid Agung Kauman Semarang.

Tradisi Dugderan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444H ini dipimpin oleh Walikota Semarang, Ibu Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos. yang berperan sebagai Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Purbodiningrum, sementara tabuhan beduk dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, SE, MM. yang berperan sebagai Kanjeng Raden Mas Tumenggung Prawirapradja.

Rizky Purwohani Pinilih siswa Kelas X KKB 1, salah satu anggota Bantara SMKN 10 Semarang yang turut menjaga keamanan Karnaval Dugderan tersebut mengungkapkan bahwa acara Karnaval Dugderan sangat meriah dan ramai sekali. Acara ini dimeriahkan oleh elemen Pemerintahan, Perwakilan Keraton Surakarta, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya sangat antusias menyaksikan acara yang berlangsung dengan lancar dan aman ini. “Sebagai bagian keamanan saya merasakan pengalaman yang ternyata tidak mudah dalam upaya pengamanan. Tentunya acara ini menjadi sangat berkesan bagi saya mengingat beberapa tahun lalu masih dalam keterbatasan masa pandemi covid.” ungkap Rizky.

Ibu Elmina Ita Kusumawardani, S.Pd, M.Si, Pembina Pramuka SMKN 10 Semarang menyampaikan bahwa Bantara Pramuka SMKN 10 Semarang berperan aktif, beberapa siswa Bantara menjadi anggota Wira Kartika sebagai bagian prasyarat untuk mengikuti Pramuka Garuda Penegak Wilayah Semarang Utara Kota Semarang. Aktivitas tersebut dapat menambah pengetahuan dan pengalaman kegiatan di luar sekolah dalam meningkatkan kepercayaan diri sebagai anggota Pramuka Bantara di SMKN10 Semarang. “Tentunya saya sebagai pembina Gudep sangat bangga dan support dengan Bantara yang selalu ingin berkembang, mandiri, dan berdedikasi tinggi dalam memajukan Pramuka di sekolah kita.” Ujar Ibu Elmina.

Penulis: Husna Amalana, M.Pd., Guru Mapel Projek IPAS SMKN 10 Semarang

EditorĀ  : Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Landung jati ismoyo
Jumat, 24 Mar 2023

Selaras dengan visi misi dan tujuan Pramuka ,
Generasi muda sekarang ( pelajar & Pramuka) seyogyanya ikut partisipasi untuk melestarikan ,menjaga dan menerapkan serta mengamalkan nilaiĀ² budaya luhur bangsa .
Trima kasih dan salut untuk tim Pramuka SMKN 10 Semarang .
SMKN 10 Semarang bisa & hebat.

Balas

Beri Komentar