Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pertemuan Kombel SMKN 10 Semarang Sebagai Bentuk Sinergi dan Kolaborasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 26 Januari 2024 – Komunitas Belajar (Kombel) SMKN 10 Semarang menggelar pertemuan luring di ruang Baita Adiguna pada Jumat (26/1) pagi. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh guru SMKN 10 Semarang yang tergabung dalam Kombel. Kombel adalah wadah bagi guru-guru untuk belajar bersama, berbagi pengalaman, dan meningkatkan kompetensi profesional.

Salah satu agenda pertemuan Kombel kali ini adalah menyamakan persepsi tentang Rencana Hasil Kerja (RHK) di Platform Merdeka Mengajar (PMM). PMM adalah program pemerintah yang bertujuan untuk memberdayakan guru-guru melalui pengembangan kreativitas, inovasi, dan kolaborasi. Sedangkan RHK adalah dokumen yang berisi rencana aksi nyata yang akan dilakukan oleh guru-guru dalam PMM.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Manajemen Mutu, Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd, M.Pd, menjelaskan bahwa RHK harus disusun sesuai dengan standar dan pedoman yang telah ditetapkan oleh PMM. “RHK adalah regulasi yang harus kita patuhi sebagai peserta PMM. RHK juga menjadi salah satu indikator penilaian kinerja kita sebagai guru,” ujarnya.

Selain itu, pertemuan Kombel juga membahas tentang penyelesaian tagihan Refleksi Kompetensi untuk guru PNS SMKN 10 Semarang. Refleksi Kompetensi adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru-guru untuk merefleksikan dan mengevaluasi kompetensi profesional mereka. Refleksi Kompetensi harus dilakukan melalui aplikasi PMM.

Ketua Komunitas Pembelajaran, Bapak Suhermawan, S.Pd, mengingatkan bahwa sebagai PNS kita harus mengisi Refleksi Kompetensi. “Refleksi Kompetensi bukan hanya sekedar formalitas, tetapi juga sebagai sarana untuk introspeksi dan perbaikan diri. Refleksi Kompetensi harus dilakukan dengan jujur, objektif, dan kritis,” katanya.

Pertemuan Kombel juga diisi dengan berbagi praktik baik dari guru-guru SMKN 10 Semarang yang telah berhasil mendapatkan sertifikat aksi nyata dari PMM. Sertifikat aksi nyata adalah penghargaan yang diberikan oleh PMM kepada guru-guru yang telah melaksanakan aksi nyata. Aksi nyata adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru-guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, sekolah, maupun masyarakat.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd, mengapresiasi kegiatan pertemuan Kombel dan berbagi praktik baik yang dilakukan oleh guru-guru. Beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi guru-guru lain untuk terus belajar dan berkembang. “Kombel adalah salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi kita untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 10 Semarang. Mari kita bersama-sama melaksanakan RHK dan Refleksi Kompetensi dengan baik dan bertanggung jawab,” pesannya.

Penulis : Anni Rahayuningsih, S.Hum, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

17 Komentar

Suparman, S.Pd
Jumat, 26 Jan 2024

Semangat luar biasa

Balas
Dra.Warni
Jumat, 26 Jan 2024

Sosialisasi pengisian RHK di PMM semoga terealisasi dan lancar

Balas
Helmi Yuhdana H
Jumat, 26 Jan 2024

Kereennn sekalii

Balas
Hikma Nurul Izza
Jumat, 26 Jan 2024

Kolaborasi dan sinergi πŸ‘

Balas
Kholifah Martha
Jumat, 26 Jan 2024

Mantap πŸ‘πŸ‘

Balas
WIDAKDO
Jumat, 26 Jan 2024

Pertemuan Kelompok Belajar… menyamakan persepsi.. sehingga bisa menghasilkan keputusan yg terbaik..

Balas
Noor Achmat
Jumat, 26 Jan 2024

Okey

Balas
Ngatinah
Jumat, 26 Jan 2024

Mantap luar biasa

Balas
Suwarni
Jumat, 26 Jan 2024

MantabπŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Lestari
Jumat, 26 Jan 2024

Luarbiass

Balas
Hesti S
Jumat, 26 Jan 2024

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Suparyati
Jumat, 26 Jan 2024

Mantap

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 26 Jan 2024

Mantap.

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Jumat, 26 Jan 2024

Semoga berjalan dengan lancar dan tercapai ekspektasi

Balas
Landung jati ismoyo
Selasa, 30 Jan 2024

Semoga kwalitas pendidikan siswa di smkn 10 semarang juga semakin baik dengan adanya guruΒ² yg berkualitas dan kompeten .

Balas
Tri Hartutik
Jumat, 2 Feb 2024

Alhamdulillah semangat Untuk BP/Ibu Guru SMK 10 Hebat

Balas
Husna
Selasa, 13 Feb 2024

Hebat dan menginspirasi πŸ‘πŸ‘

Balas

Beri Komentar