Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Perjusa, Tekad Berbakti Pramuka SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan

Kegiatan Pramuka SMKN 10 Semarang , kembali menggeliat pasca Pandemi dengan munculnya Kegiatan kemah  yang mengambil  pelaksanaan kegiatannya pada hari Jumat dan Sabtu (Perjusa) . Kegiatan ini pada era dulu disebut dengan Persami , dilaksanakan karena  pada hari sabtu dan minggu. Dalam program Kepramukaan SMKN 10 Semarang, Tujuan dari kegiatan Perjusa ini sebenarnya untuk menyambut Tamu Penegak (yang sekarang duduk kelas X)  menjadi Calon Penegak pada Ambalan Dewa Ruci dan Dewi Lanjar  di Pangkalan SMKN 10 Semarang.

Kegiatan Perjusa kali  ini mengambil tema “Bebakti Tanpa Henti, Tumbuh Bersama Dalam Budaya Kreatif Dan Positif”. Harapan dari Dewan Kerja Ambalan dengan mengusung tema ini agar Pramuka SMKN 10 Semarang mempunyai tekad untuk terus menjunjung tinggi semangat pramuka dan berbakti tanpa henti dalam segala hal yang bisa diwujudnyatakan oleh setiap anggotanya, melalui ide kreatif dan positf. Untuk mencapai sasaran tersebut panitia Perjusa melalui Sekretaris dan Sie. Kegiatan yang dikomandani Kak Wildan dan Kak Helmi  dibantu Bantara kemudian menyusun Rundown acara selama dua (2 hari), termasuk acara yang senantiasa menjadi Unjuk kreasi dan  tantangan bagi penegak Tamu  yaitu “Api Unggun , Renungan Malam dan Caraka Malam”

Puncak acaranya  pada saat   seremonial mandi laut yang diambilkan dari air laut pantai Marina dan dilaksanakan di sekolah. Suasana lelah, ngantuk sepanjang hari yang tidak dirasakan berubah  menjadi sukacita ketika adik-adik diguyur air laut oleh pembina-pembina pramukanya. Suasana semakin akrab dan ceria  diantara  para bantara dan adik-adiknya ketika mereka kemudian saling mengguyur badan dengan air laut yang dibawa dari pantai Marina.

Dalam sambutan penutupan Perjusa ini Kak Mardianto yang  sudah lama sekali berkecimpung di kegiatan pramuka menyampaikan, agar dalam suasana apapun pramuka SMKN 10 tetap ceria dan setia untuk berbakti tanpa henti khususnya kepada almamater tercinta. Selanjutnya selaku pembina upacara dalam penutupan Perjusa ini  diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak, baik peserta, dan dari pihak penyelenggara agar kedepannya dapat merealisasikan acara kepramukaan khususnya PERJUSA dengan lebih seru, kreatif, dan inovatif.

Semoga acara PERJUSA ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Salam Pramuka!

Penulis: Slamet Adi Purwanto, Pembina Pramuka SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar