Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Penerjunan Magang Peserta Didik

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Magang

Memasuki Tahun Pelajaran 2022/2023, SMK Negeri 10 Semarang mulai melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL)/Magang bagi Peserta Didik Kelas XII. Pelaksanaan PKL/Magang terbagi dalam dua grup, yaitu Grup 1 yang dimulai tanggal 1 Juli s.d. 31 Agustus 2022, dan Grup 2 pada tanggal 1 September s.d. 31 Oktober 2022.

Sebelum melaksanakan PKL/Magang, masing-masing Ketua Kompetensi Keahlian serta Guru Produktif memberikan pembekalan dan pengarahan kepada seluruh Peserta Didik agar selama proses kegiatan PKL/Magang mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan tuntas, serta disiplin terhadap tata tertib di tempat PKL/Magang. Dengan tetap tetap melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan instansi, lembaga, atau bengkel tempat PKL/Magang nya. Hal tersebut untuk menjaga Peserta Didik tetap sehat selama melaksanakan PKL/Magang, karena Peserta Didik bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan Pimpinan, karyawan, bahkan dengan pelanggan.

Pada Grup 1, PKL/Magang diikuti oleh 223 Peserta Didik dari 7 Kompetensi Keahlian dengan sejumlah 61 tempat DUDIKA. Menjadi sebuah kebanggaan bahwa seluruh Peserta Didik melaksanakan PKL/Magang dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi yang didampingi oleh 40 Guru Pembimbing saat melaksanakan penerjunan. Pemimpin atau Pemilik DUDIKA menerima dengan sedang hati kehadiran Peserta Didik bersama Guru Pembimbing untuk mulai melaksanakan PKL/Magang selama 2 bulan tersebut.

DUDIKA tempat Peserta Didik melaksanakan PKL/Magang, telah menjadi mitra SMK Negeri 10 Semarang selama minimal 5 tahun terakhir, yang secara rutin memberikan kesempatan kepada Peserta Didik SMK Negeri 10 Semarang untuk melaksanakan PKL/Magang. Peran serta dan partisipasi DUDIKA tersebut sangat membantu setiap Peserta Didik dengan bimbingan, pelatihan, arahan, serta didikan yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi Peserta Didik selama melaksanakan PKL/Magang.

Selain menjadi program yang dilaksanakan rutin setiap tahun pelajaran untuk kelas XI dan XII, pelaksanaan PKL/Magang memiliki beberapa tujuan penting, diantaranya yaitu: (1) Peserta Didik dapat mengaplikasikan pelajaran produktif yang diterima selama proses pendidikan di sekolah; (2) meningkatkan kompetensi keterampilan yang unggul sesuai dengan bidang keahliannya; (3) membangun sikap/perilaku yang mandiri, bertanggung jawab, bekerjasama dalam tim, dan siap bekerja, sehingga mampu memberikan layanan prima Pemimpin dan pelanggan; serta (5) menumbuhkan kemampuan jiwa berwirausaha bagi setiap Peserta Didik.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar