Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Penerapan APD K3 Saat Praktik TPGM SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pada hari Selasa (19/07/2022), jam 07.00-13.45, telah dilaksanakan kegiatan pembelajaran TPGM di kelas XI TP2 di SMK Negeri 10 Semarang. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Bengkel TP2 SMK Negeri 10 Semarang. Kegiatan pembelajaran ini di bimbing langsung oleh guru mata pelajaran pengelasan yaitu Bapak Mohammad Yunan Setyawan, S.Pd.

Proses pengelasan merupakan salah satu pekerjaan yang mempunyai banyak resiko atau bahaya. Karena saat proses pengelasan berlangsung, maka bahaya seperti asap, cahaya pengelasan, panas dan bahaya listrik akan timbul. Oleh karena itu jika siswa tidak memakai alat keselamatan las, maka akan membahayakan keselamatan siswa saat praktik pengelasan.

Dalam setiap pekerjaan memang selalu menimbulkan bahaya, oleh karena itu siswa harus dibiasakan menggunakan alat pelindung diri saat sedang melakukan pekerjaan las,. Menggunakan APD las adalah hal wajib baik itu untuk pengelasan SMAW (Shielded metal arc welding), GMAW (gas metal arc welding), GTAW (gas tungsten arc welding), maupun SAW (Submerged Arc Welding).

Jika siswa dibiasakan memakai alat keselamatan sesuai standart maka jika ada kecelakaan kerja dapat diminimalisir. Hal ini juga sebagai bentuk pembiasaan siswa menggunakan APD saat bekerja di industri nanti. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung, Guru selalu menekankan kepada siswa-siswinya untuk selalu menerapkan APD keselamatan dan Kesehatan kerja (K3).

Jenis jenis Alat Pelindung Diri (APD) kerja las yang digunakan adalah wearpack, helm las atau topeng las, sarung tangan las, apron, safety shoes atau sepatu safety, ear plug dan masker.

Bapak Mohammad Yunan Setyawan selaku Guru pembimbing mata pelajaran TPGM menyampaikan pesan kepada siswa-siwi di kelas XI-TP2 di SMK Negeri 10 Semarang, yaitu tujuan diterapkannya K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja, agar tidak mengalami kecelakaan dalam mengerjakan proyek yang akan dikerjakan dalam proses kegiatan pembelajaran.

Penulis : Toni Agung Supriyadi, Mahasiswa Lantip Angkatan 2 Pendidikan Teknik Mesin UNNES.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar