Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pemenuhan Guru SMK Melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan ingin menjadi guru? Atau bermimpi melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi tetapi terkendala biaya? Jangan khawatir, karena Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka peluang melalui program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) untuk calon guru SMK jenjang D4/S1.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai syarat dan cara pendaftarannya, Kemendikbudristek mengadakan sosialisasi bertajuk “Beasiswa Pendidikan Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BPI Kemendikbudristek).” Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat, 14 Juni 2024 pukul 13.00 WIB dan disiarkan langsung di kanal YouTube Direktorat SMK-Kemdikbud.Β 

Sosialisasi ini akan menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu:

  1. Dr. Wardani Sugiarto, M.Pd., Plt. Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, yang akan membahas kebijakan Direktorat SMK terkait program beasiswa.
  2. Dr. Jahani, S.E., M.M., Ketua Tim Kerja Direktorat SMK, yang akan menjelaskan strategi pemenuhan guru SMK.
  3. Ratna Prabandari, S.Psi., M.Ed., Kepala Subbagian Umum Badan Pembiayaan Pendidikan Tinggi, yang akan memberikan informasi teknis pelaksanaan dan manfaat beasiswa ini.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) merupakan program kerja sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kemendikbudristek melalui perluasan program beasiswa LPDP. Beasiswa ini dikelola oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek dan mencakup berbagai jenjang pendidikan dengan durasi studi yang bervariasi, yaitu:

  • S1 single degree: Durasi studi maksimal 48 bulan.
  • S2 single degree: Durasi studi maksimal 24 bulan.
  • S3 single degree: Durasi studi maksimal 48 bulan.
  • S2 joint degree atau dual degree: Durasi studi maksimal 24 bulan.
  • S3 joint degree atau dual degree: Durasi studi maksimal 48 bulan.

Informasi lebih detail bisa diakses di link berikut : Informasi Beasiswa Pendidikan IndonesiaΒ 

Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd., yang mengikuti sosialisasi ini, menyambut baik program Pemenuhan Guru SMK dari Beasiswa Pendidikan Indonesia. Beliau menyoroti pentingnya program ini dalam menjawab kekurangan guru, terutama di sekolah-sekolah khusus seperti SMK Kemaritiman yang sering kali mengalami kesulitan dalam mendapatkan guru yang sesuai.

Menurut Bapak Ardan, di lapangan masih banyak sekolah yang kekurangan tenaga pendidik. Program beasiswa ini diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut dengan melahirkan lebih banyak guru berkualitas yang siap mengabdi di SMK di seluruh Indonesia.

BPI Kemendikbudristek tidak hanya memberikan peluang bagi lulusan SMK untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tetapi juga memastikan bahwa mereka mendapatkan dukungan finansial yang memadai untuk menyelesaikan studi mereka. Dengan demikian, beasiswa ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak generasi baru pendidik yang handal dan profesional.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Tayangan video bisa diakses disini :

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Arimurti Asmoro
Minggu, 16 Jun 2024

Program yang sangat bagus, dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia menuju pendidikan vokasi yang berkualitas.

Balas
Mohammad Suparjo
Minggu, 16 Jun 2024

Good program….Wahai kawula muda ambillah program bagus ini, karena kesempatan belum tentu datang yg kedua kalinya….πŸ‘πŸ™πŸ’–

Balas
Joko m
Minggu, 16 Jun 2024

Manfaatakan fasilitas dan waktu yg ada untuk menggapai cita” haiii… mau kapan lagii
Ayo bergerak … anak anak muda…

Balas
maskur
Minggu, 16 Jun 2024

Alhamdulillah

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Minggu, 16 Jun 2024

Kesempatan bagus.

Balas
Hesti
Minggu, 16 Jun 2024

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas

Beri Komentar