Info Sekolah
Selasa, 05 Des 2023
  • SMKN 10 Semarang lolos sebagai SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023

Mengenali Potensi Diri Sebagai Pemimpin

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah Angkatan 2 terus berlanjut pada hari kedua, Kamis, 02 November 2023, dengan materi ketiga yang sangat penting, yaitu “Mengenali Potensi Diri sebagai Pemimpin.” Dalam sesi ini, narasumber utama adalah Dian Fajarwati, yang berasal dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah.

Mengutip kata-kata bijak dari Tony Robbins dalam buku “Unlimited Power,” narasumber menjelaskan kunci-kunci penting dalam menggali potensi diri bagi seorang pemimpin. Dalam penjelasannya, Dian Fajarwati menyoroti beberapa aspek kunci. Pertama, pemahaman diri yang mendalam sangat ditekankan. Pemimpin perlu memahami dengan baik kekuatan, kelemahan, nilai-nilai, dan keyakinan pribadi mereka. Tanpa pemahaman diri yang kuat, sulit untuk menggali potensi diri.

Selanjutnya, pentingnya memiliki mentalitas positif. Pemimpin yang sukses meyakini bahwa memiliki mentalitas positif adalah kunci untuk menggali potensi diri. Ini mencakup kemampuan untuk mengatasi hambatan pikiran negatif dan ketakutan yang mungkin menghambat kemajuan.

Menentukan tujuan yang jelas juga menjadi langkah penting dalam menggali potensi diri. Dian Fajarwati merujuk pada prinsip SMART goals, yang mengharuskan pemimpin menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatasan waktu.

Aksi tindakan nyata adalah unsur yang tak boleh diabaikan. Pemimpin harus mengambil langkah konkret untuk mencapai tujuan mereka. Tanpa tindakan, impian dan potensi hanya akan menjadi wacana kosong. Strategi yang tepat juga perlu dikembangkan. Ini melibatkan perencanaan langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pembelajaran dari orang-orang yang sudah berhasil dalam bidang yang sama, disebut sebagai proses “modeling,” juga menjadi bagian penting dalam menggali potensi diri.

Ketahanan dan ketangguhan dalam menghadapi rintangan, kegagalan, dan kesulitan adalah hal yang ditekankan. Pemimpin diharapkan menjadi tangguh dan berdaya tahan dalam menghadapi tantangan. Selain itu, pemimpin juga harus tetap terbuka terhadap perubahan dan siap beradaptasi. Perubahan adalah hal yang konstan, dan pemimpin yang sukses harus bisa mengikuti perubahan tersebut.

Empati dan kemampuan menjalin hubungan positif dengan orang lain juga diakui sebagai faktor penting dalam menggali potensi diri. Kemampuan berempati dan membangun hubungan yang positif dapat memengaruhi kesuksesan dan kebahagiaan.

Terakhir, pentingnya mencapai keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk karir, kesehatan, hubungan, dan pertumbuhan pribadi, ditekankan sebagai faktor penting dalam menggali potensi diri. Semua aspek ini, bersama dengan materi-materi sebelumnya, diharapkan akan membantu para kepala sekolah menjadi pemimpin yang lebih efektif dalam mengelola sekolah dan memajukan pendidikan di wilayah Jawa Tengah. Pelatihan ini terus memberikan wawasan berharga untuk mencapai tujuan ini.

Penulis : Susanti, S.Pd, Guru Bahasa Inggris SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar