Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Membentuk Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Hansek

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 31 Agustus 2023 – Dalam rangka memperkuat semangat kedisiplinan dan kesadaran akan pentingnya pertahanan sekolah, SMKN 10 Semarang telah menggelar kegiatan “Hansek.” Acara ini diselenggarakan oleh Kesiswaan SMKN 10 Semarang dengan mengundang pelatih dari Koramil Semarang Utara. Kegiatan berlangsung mulai Senin, 28 Agustus 2023 hingga Rabu, 30 Agustus 2023, di halaman sekolah.

Pentingnya memiliki kedisiplinan yang kuat di lingkungan sekolah telah menjadi fokus utama kegiatan Hansek. Tujuan utamanya adalah agar siswa kelas X SMKN 10 Semarang mampu menginternalisasi nilai-nilai kedisiplinan sebagai bagian integral dari pembentukan karakter mereka. Kolaborasi dengan pelatih dari Koramil Semarang Utara memberikan dimensi tambahan, mengingat pelatih tersebut memiliki keahlian khusus dalam pengembangan disiplin dan tanggung jawab.

Kegiatan ini mengambil tempat di halaman SMKN 10 Semarang, memberikan suasana yang akrab namun tetap serius dalam pelaksanaannya. Hampir seluruh siswa kelas X dari berbagai jurusan turut serta dalam kegiatan ini, menunjukkan antusiasme dan komitmen mereka terhadap pembentukan karakter yang kuat dan kedisiplinan yang kokoh.

“Kami ingin melalui kegiatan Pertahanan Sekolah ini, siswa dapat memahami dan menghayati pentingnya kedisiplinan sebagai bagian dari membentuk karakter yang berkualitas,” kata Waka Kesiswaan SMKN 10 Semarang. “Kami percaya bahwa semakin mereka sadar akan kedisiplinan, semakin baik pula mereka dapat menghadapi tantangan di sekolah dan kehidupan sehari-hari.”
Kegiatan Hansek berlangsung dengan lancar dan tertib. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok, yang masing-masing memiliki tugas dan tantangan untuk diselesaikan. Selama tiga hari kegiatan, siswa diberikan pelatihan tentang disiplin, tanggung jawab, dan tindakan koordinasi dalam menghadapi situasi yang berpotensi mempengaruhi lingkungan sekolah.

Melalui pendekatan yang interaktif dan melibatkan siswa secara langsung, kegiatan ini berhasil menanamkan nilai-nilai penting dalam karakter siswa. Diharapkan, semangat kedisiplinan dan kesadaran akan tanggung jawab yang ditanamkan melalui Pertahanan Sekolah akan membantu siswa dalam menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi pada perkembangan pribadi yang lebih baik.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

9 Komentar

nyuwitariskiyanto
Jumat, 1 Sep 2023

Keceee

Balas
Belva Rasendriya Fatta
Jumat, 1 Sep 2023

Luar biasa

Balas
Muhammad Kurniawan Putra Ramadhan
Jumat, 1 Sep 2023

keren sekali

Balas
Af'idatin
Jumat, 1 Sep 2023

Kegiatan yg kerenπŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Helmi Yuhdana H
Jumat, 1 Sep 2023

Okey dahh

Balas
Joko m
Jumat, 1 Sep 2023

Melatih siswa temukan manfaat kedisiplinan diri joss

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Sep 2023

Mantap.

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Sabtu, 2 Sep 2023

Program yang sangat bagus, sehingga siswa mempunyai pengalaman nilai disiplin dan kesadaran diri pentingnya pembentukan karakter sebagai bekal masa depannya

Balas
Minggu, 3 Sep 2023

[…] Sumber Berita : Website SMKN 10 Semarang […]

Balas

Beri Komentar