Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 11 Resmi Dibuka di SMPN 5 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 29 Juni 2024 – Lokakarya Orientasi Program Calon Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11 secara resmi dibuka hari ini di SMP Negeri 5 Semarang. Acara pembukaan dihadiri oleh berbagai pihak terkait dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, yang diwakili oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bapak Dr. Miftahudin, M. Si.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Miftahudin, M. Si menyampaikan pentingnya kerukunan dan kekompakan di antara semua unit di Dinas Pendidikan untuk menyelesaikan berbagai masalah pendidikan. “Kerukunan dan kekompakan semua unit di Dinas Pendidikan akan mampu menyelesaikan masalah pendidikan,” ujar beliau. Ia juga menambahkan bahwa tahta tertinggi seorang guru adalah yang senantiasa ditunggu murid-muridnya.

Perwakilan dari Balai Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah, Ibu Erna Endarwati, turut memberikan sambutan dan menjelaskan bahwa Program Calon Guru Penggerak merupakan program strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini dirancang untuk melatih dan mendampingi para guru agar dapat menjadi penggerak perubahan di sekolah masing-masing.

Program Calon Guru Penggerak Angkatan 11 ini akan berlangsung mulai tanggal 13 Juni hingga 3 Desember 2024. Dalam program ini, para Calon Guru Penggerak (CGP) akan mendapatkan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi mereka. Tugas utama CGP adalah menjadi agen perubahan di sekolah, menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik, serta menginspirasi dan memotivasi murid-murid mereka.

Lokakarya PGP Jawa Tengah ini diikuti oleh 6246 Calon Guru Penggerak yang terdiri dari 275 CGP Rekognisi, 1252 Pengajar Praktik (PP), 626 Fasilitator, dan 105 Instruktur. Partisipasi yang besar ini menunjukkan komitmen yang kuat dari para pendidik di Jawa Tengah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Dr. Miftahudin, M. Si juga menekankan bahwa peran pendampingan sangat penting dalam program ini. “Kita akan terus mendampingi para Calon Guru Penggerak agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjadi agen perubahan yang efektif di sekolah masing-masing,” ungkap beliau.

Program Calon Guru Penggerak merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penguatan peran guru sebagai penggerak utama dalam proses pembelajaran. Dengan adanya program ini, diharapkan para guru dapat lebih kreatif, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan murid-murid dan dinamika pendidikan yang terus berkembang.

Semangat dan antusiasme para peserta lokakarya terlihat jelas dalam setiap sesi yang berlangsung. Mereka berkomitmen untuk mengikuti seluruh rangkaian program dengan sungguh-sungguh dan siap mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di sekolah masing-masing.

Lokakarya ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran bagi para peserta, tetapi juga menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman dan strategi dalam mengatasi berbagai tantangan di dunia pendidikan. Dengan adanya kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di Jawa Tengah.

Semoga program ini menjadi langkah awal yang baik untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Dukungan dan partisipasi semua pihak sangat diharapkan agar tujuan mulia dari Program Calon Guru Penggerak ini dapat tercapai dengan optimal.

Penulis : Ardan Sirodjuddin, M. Pd, Kepala SMKN 10 Semarang.

Artikel ini memiliki

10 Komentar

Arimurti Asmoro
Sabtu, 29 Jun 2024

SMKN 10 Semarang bertunas, bertumbuh, berkembang, dan berbuah terus…amin

Balas
Dwi Palupi
Sabtu, 29 Jun 2024

SMKN 10 semarang.. Luar biasa

Balas
Helmi Yuhdana H
Sabtu, 29 Jun 2024

Mantaabbb’s

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Sabtu, 29 Jun 2024

Semoga menghasilkan banyak sesuatu yang baik.

Balas
Nur kholifah
Sabtu, 29 Jun 2024

Smkn 10 menuju juara kelas.. semangat bapak ibu

Balas
Dra.Warni
Sabtu, 29 Jun 2024

Semoga sukses semuanya

Balas
Riyanti
Senin, 1 Jul 2024

Semoga sukses untuk kita semua

Balas
Suparman, S.Pd
Selasa, 2 Jul 2024

Semoga Sukses👍👍

Balas
Johan h
Selasa, 2 Jul 2024

SMKN 10 Jaya selalu.. memberi manfaat dan menginspirasi

Balas
Senin, 8 Jul 2024

Penguatan Numerasi mantab dan hebat, maju terus, jooss SMK N 10 Semarang..

Balas

Beri Komentar