Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Layanan Informasi Sekolah Lanjutan Pasca SMP, di SMP Negeri 30 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kamis, 7 Desember 2023 – SMK Negeri 10 Semarang mendapat undangan dari SMP Negeri 30 Semarang untuk mengisi acara yang bertajuk “Layanan Informasi Sekolah Lanjutan Pasca SMP”. Acara yang diselenggarakan oleh Guru Bimbingan Konseling (BK) tersebut diikuti oleh seluruh Siswa Kelas IX SMP Negeri 30 Semarang.

Bertempat di aula sekolah, seluruh Siswa Kelas IX SMP Negeri 30 Semarang telah berkumpul dengan menunjukkan antusiasme untuk mengikuti kegiatan. Tim SMK Negeri 10 Semarang yang diwakili oleh Bp. Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd., Ibu Ira Yuni Astuti, S.Pd., serta Pengurus OSIS semakin bersemangat untuk menyampaikan berbagai informasi penting berkenaan dengan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, khususnya SMK Negeri 10 Semarang.

Bp. Munadi S.Pd., selaku Guru BK menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan wawasan dan pemahaman kepada Siswa Kelas 9 yang akan lulus, untuk mengenal sekolah menengah kejuruan sehingga bisa memilih sekolah dan jurusan yang tepat sesuai minat dan bakatnya. Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Kepala SMP Negeri 30 Semarang, sehingga kegiatan dilaksanakan dengan sukses.

“SMK Negeri 10 Semarang memiliki 7 (tujuh) konsentrasi keahlian unggulan yang sangat diminati oleh Siswa lulusan SMP saat pendaftaran peserta didik setiap tahunnya. Minimal, dua hal yang harus dipersiapkan oleh Siswa lulusan SMP ketika mendaftar di SMK Negeri, yaitu: 1) Prestasi akademik dan non akademik yang terbaik, baik nilai rapor maupun sertifikat/piagam kejuaraan tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, Internasional, yang diakui oleh Pemerintah. Melalui kedua prestasi tersebut, Siswa lulusan SMP memiliki peluang yang lebih untuk bisa diterima di SMK Negeri; 2) Mengenali potensi diri melalui minat dan bakat yang akan menjadi tujuan jurusan yang akan dipilih oleh Siswa, sehingga Siswa dapat menuntaskan proses pendidikan di sekolah kejuruan dengan meraih prestasi yang unggul,” demikian motivasi yang disampaikan oleh Bp. Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd.

Mendukung hal tersebut, Ibu Yuni Astuti, S.Pd., selaku staf BKK menambahkan,”SMK Negeri 10 Semarang memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK) yang berfungsi untuk melakukan kerjasama dengan banyak perusahaan sesuai dengan jurusan yang ada, baik instansi Pemerintah maupun industri yang berskala nasional dan internasional. Tujuan kerjasama dan kemitraan tersebut, adalah untuk memberikan standarisasi kompetensi dan peluang Siswa yang telah lulus untuk dapat bekerja, serta menginformasikan kebutuhan tenaga kerja di industri untuk lulusan SMK.” Dari penjelasan yang disampaikan tersebut, seluruh Siswa yang hadir semakin semangat untuk menerima informasi yang penting.

Tidak ketinggalan, Pengurus OSIS yang dipimpin oleh Goestav Satrio Aji Herlambang, selaku Ketua OSIS pun memberikan motivasi kepada Siswa SMP Negeri 30 Semarang tentang kesan selama belajar di SMK Negeri 10 Semarang. Selain ilmu pengetahuan dan keterampilan, Pengurus OSIS juga belajar banyak mengenai organisasi kesiswaan, pengembangan diri melalui ekstrakurikuler, dan raihan prestasi lain yang sangat membanggakan Orangtua dan sekolah.

Kami dari Tim SMK Negeri 10 Semarang sangat terkesan dengan semangat dan keingintahuan Siswa SMP Negeri 30 Semarang yang sangat besar untuk mengembangkan diri dan meraih prestasi sesuai minat dan bakat mereka masing-masing. Dengan demikian, informasi yang disampaikan oleh Tim SMK Negeri 10 Semarang telah memberikan manfaat dan menumbuhkan motivasi Siswa Kelas IX SMP Negeri 30 Semarang.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tim Humas

Artikel ini memiliki

5 Komentar

Suparman, S.Pd
Kamis, 7 Des 2023

Luar biasa👍👍

Balas
Verry Wijaya
Kamis, 7 Des 2023

Keren 👍

Balas
Digna Palupi
Kamis, 7 Des 2023

Semangat luar biasa berbagi informasi.👍👍

Balas
Dra.Warni
Jumat, 8 Des 2023

Semangat terus

Balas
Landung jati ismoyo
Senin, 11 Des 2023

Semangat semoga sukses selalu

Balas

Beri Komentar