Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Kepala SMKN 10 Semarang Ikut Kursus Orientasi Singkat (KOS) Mabigus

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 25 Mei 2024— Dalam rangka peningkatan kualitas manajemen kepramukaan, Kwartir Cabang Pramuka Kota Semarang sukses menyelenggarakan Kursus Orientasi Singkat (KOS) bagi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang berlangsung di Aula SMAN 04 Semarang.

Kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu ini diikuti oleh para Kepala Sekolah tingkat SMA, SMK, dan SLB se-Kota Semarang termasuk Kepala SMKN 10 Semarang.

KOS ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai kepramukaan dan cara efektif mengimplementasikannya dalam kegiatan sekolah. Dengan adanya kursus ini, diharapkan para kepala sekolah dapat menjadi contoh dan memotivasi para guru serta siswa untuk aktif dalam kegiatan kepramukaan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Bapak Dr. Siswanto, M.Pd., menegaskan pentingnya inovasi dalam kegiatan kepramukaan saat memberikan sambutan di Kursus Orientasi Singkat (KOS) Mabigus yang diadakan di Aula SMAN 04 Semarang.

Beliau mengartikulasikan bahwa dimensi profil pelajar Pancasila sejatinya adalah pengkristalan dari nilai-nilai dasa darma pramuka.

“Bukan sekadar kegiatan ekstrakurikuler, ini adalah wadah pembentukan karakter dan kepemimpinan,” ujar Bapak Dr. Siswanto.

“Kita harus berinovasi agar kegiatan pramuka tidak hanya menjadi agenda rutin, tetapi juga menjadi sesuatu yang dinanti dan disukai oleh siswa.”

Mewakili Ketua Kwartir Cabang Kota Semarang, Bapak Agus Sutrisno, yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Pramuka Kota Semarang menegaskan komitmen kuat terhadap dukungan Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dalam memajukan gerakan pramuka.

“Gerakan pramuka akan semakin kuat dengan dukungan penuh dari Mabigus,” ujar Bapak Agus Sutrisno.

Beliau menambahkan bahwa peran Mabigus sangat krusial dalam tiga aspek utama yaitu pertama membimbing kegiatan pramuka di sekolah. Mabigus memiliki peran penting dalam membimbing dan mengarahkan kegiatan pramuka, sehingga dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan karakter yang diharapkan.

Kedua memberikan bantuan kegiatan pramuka. Mabigus diharapkan dapat memberikan dukungan baik secara moral maupun material untuk memastikan kegiatan pramuka dapat dilaksanakan dengan baik.

Dan ketiga bertindak sebagai konselor. Sebagai konselor, Mabigus berperan dalam memberikan nasihat dan bimbingan kepada para pembina dan anggota pramuka, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan dan pengambilan keputusan.

Dengan adanya dukungan yang solid dari Mabigus, diharapkan gerakan pramuka di Kota Semarang dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif dalam pembentukan karakter serta keterampilan kepemimpinan para pelajar.

KOS Mabigus ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat fondasi kepramukaan di lingkungan pendidikan.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S. Pd, Guru SMKN 10 Semarang.

Artikel ini memiliki

8 Komentar

Elmina Ita Kusuma Wardani
Senin, 27 Mei 2024

Salam Pramuka kk…

Balas
Helmi Yuhdana H
Senin, 27 Mei 2024

Salam Praja Muda Karana….

Balas
Suparman, S.Pd
Senin, 27 Mei 2024

Semangat Pramuka,,,salam Pramuka

Balas
maskur
Senin, 27 Mei 2024

Alhamdulillah

Balas
Dra.Warni
Senin, 27 Mei 2024

Pelatihan yang diikuti oleh pimpinan semoga membawa keberkahan kita semua.

Balas
Digna Palupi
Selasa, 28 Mei 2024

Salam Pramuka, … Semangat selalu👍👍

Balas
Husna
Minggu, 2 Jun 2024

Semangat dan sehat selalu untuk segenap warga SMKN 10 semarang.. 🤲

Balas
Johan h
Senin, 3 Jun 2024

Literasi yang menginspirasi

Balas

Beri Komentar