Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Jurusan KKB Ikut Uji Terbatas Pedoman Sarpras SMK

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pendidikan Vokasi memegang peran krusial dalam mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja. Untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menggelar “Uji Terbatas Pedoman Sarana Prasarana SMK”.

Dalam kegiatan ini Jurusan Konstruksi Kapal Baja SMK Negeri 10 Semarang mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam Uji Terbatas Pedoman Sarana Prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023 melalui Daring. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2023 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah, pemerintah berupaya untuk memberikan standar sarana prasarana yang memadai pada setiap satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Dengan memanfaatkan platform daring, Zoom Meeting menjadi sarana utama pelaksanaan uji terbatas ini. Inilah beberapa sorotan dari acara tersebut:

  1. Kolaborasi Antar SMK dan Pemerintah

Melibatkan berbagai pihak, termasuk kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan stakeholder terkait, uji terbatas ini menjadi wadah kolaborasi untuk mendengarkan berbagai masukan. Sinergi antara SMK dan pemerintah diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kondusif.

  1. Penyelarasan dengan Tantangan Global

Pendidikan vokasi dihadapkan pada tuntutan global yang terus berkembang. Uji terbatas Pedoman Sarana Prasarana SMK mencerminkan komitmen pemerintah Indonesia dalam menyelaraskan kurikulum dan sarana prasarana dengan kebutuhan pasar global.

  1. Evaluasi Kesesuaian Pedoman dengan Kondisi Terkini

Uji terbatas memberikan kesempatan untuk mengevaluasi sejauh mana pedoman sarana prasarana SMK sesuai dengan kondisi terkini, termasuk perkembangan teknologi dan kebutuhan industri. Hal ini menjadi langkah awal untuk menyesuaikan pedoman dengan perkembangan masa depan.

  1. Sinergi Pendidikan dan Teknologi

Melalui uji terbatas ini, sinergi antara pendidikan dan teknologi diharapkan dapat menghasilkan lulusan SMK yang siap bersaing dalam pasar kerja. Peningkatan kualitas sarana prasarana diharapkan menjadi pijakan bagi kemajuan pendidikan vokasi di Indonesia.

Uji terbatas Pedoman Sarana Prasarana SMK yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Dalam menghadapi era digital, kolaborasi antar stakeholder dan penerapan teknologi menjadi kunci untuk membentuk generasi muda yang handal dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Penulis : Septiyo Ariyanto, S.Pd, Sekretaris Jurusan Konstruksi Kapal Baja

Artikel ini memiliki

9 Komentar

Helmi Yuhdana H
Selasa, 14 Nov 2023

Mantaaabbbb

Balas
Suparman, S.Pd
Selasa, 14 Nov 2023

Luar biasaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas
Dwi Palupi
Selasa, 14 Nov 2023

Good Job

Balas
Drs. Mustofa, M.Si.
Selasa, 14 Nov 2023

Sebagai orang yang paling lama mengenal Jurusan Konstruksi Kapal Baja (KKB) dibanding guru-guru KKB yang ada sekarang, kami prihatin akan keberadaan sumber daya manusianya. Semoga ada solusi cerdas dari stakeholder yang berkompeten untuk mempertahankan eksistensi jurusan KKB ini. Bravo KKB.

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Selasa, 14 Nov 2023

Semangat selalu…

Balas
Antar subandana
Rabu, 15 Nov 2023

Semoga bisa menghasilkan produksi kapal yg hebat.

Balas
Muslim Anwar
Rabu, 15 Nov 2023

Mantap dan luar biasa

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas
Landung jati ismoyo
Jumat, 22 Des 2023

Semangat .harus tetap ada jurusan KKB di smkn 10 semarang.

Balas

Beri Komentar