Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Guru SMKN 10 Semarang Ikut Pelatihan Microsoft Reading Progress untuk Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 9 Mei 2024 — Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa, Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemdikbudristek telah menyelenggarakan pelatihan piloting yang inovatif dengan tema “Pengenalan Microsoft Reading Progress untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa”. Kegiatan ini dilaksanakan di PO Hotel Semarang, melibatkan guru-guru SMA dan SMK se-Jawa Tengah sebagai peserta.

Pelatihan ini terbagi dalam dua tahap; tahap pertama dilakukan secara daring pada tanggal 30 April 2024, dan tahap kedua secara luring pada 8 Mei 2024. Narasumber utama, Ibu Rima, memimpin para peserta melalui serangkaian sesi interaktif yang dirancang untuk memperdalam pemahaman tentang tiga pilar kemahiran membaca: akurasi, kecepatan, dan prosodi.

Selain itu, peserta juga diajak untuk mengidentifikasi dan memahami tiga kesalahan umum yang sering dilakukan siswa saat membaca, yaitu penghilangan kata, membaca kata yang tidak ada, dan penyisipan kata yang tidak ada dalam teks. Kesadaran akan kesalahan-kesalahan ini penting untuk membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca mereka.

Salah satu sesi yang paling menarik adalah ketika peserta diperkenalkan dengan aplikasi Microsoft Teams. Mereka mendapat arahan praktis dari Ibu Rima tentang cara menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan belajar mengajar. Mulai dari membuat tim kelas, menghasilkan kode agar siswa dapat bergabung, hingga membuat dan menugaskan tugas melalui aplikasi.

Peserta pelatihan saling berperan sebagai guru dan siswa, praktik membaca tugas yang diberikan, dan menggunakan fitur-fitur Microsoft Teams untuk mengoreksi tugas membaca siswa serta membuat evaluasi. Program ini tidak hanya memfasilitasi koreksi otomatis, tetapi juga memberikan umpan balik yang berharga untuk perbaikan berkelanjutan.

Kulminasi dari pelatihan ini adalah sesi refleksi, di mana setiap peserta mengirimkan pemikiran dan pengalaman mereka selama mengikuti pelatihan. Umpan balik yang diterima sangat positif, dengan banyak peserta yang menyatakan bahwa mereka merasa lebih siap untuk menerapkan teknologi ini dalam kelas mereka dan bersemangat untuk melihat dampaknya terhadap kemampuan literasi siswa mereka.

Pelatihan ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam pendidikan literasi di Jawa Tengah, dan BLPT Kemdikbudristek berkomitmen untuk terus mendukung guru-guru dalam mengadopsi teknologi pendidikan yang dapat meningkatkan proses pembelajaran dan pengajaran.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd, mengungkapkan kegembiraannya atas partisipasi guru SMKN 10 Semarang dalam Pelatihan Piloting “Pengenalan Microsoft Reading Progress untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa”. Dalam sebuah pernyataan, beliau menegaskan pentingnya upaya bersama dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, mengakui bahwa teknologi seperti Microsoft Reading Progress dapat menjadi alat yang efektif dalam mencapai tujuan tersebut.

Bapak Ardan berharap bahwa melalui pelatihan ini, guru SMKN 10 Semarang akan semakin terampil dalam mengelola pembelajaran literasi, dan siswa-siswanya akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih berharga dan efektif. Dengan semangat kolaborasi dan kesungguhan bersama, mereka yakin dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berkualitas, yang membawa dampak positif bagi perkembangan literasi siswa di masa depan.

Penulis : Dini Riyani, S.Pd,  Guru Bahasa Indonesia SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

12 Komentar

Dini Riyani
Minggu, 12 Mei 2024

SMK N 10 Semarang semakin keren…. semoga trus maju dan semakin lebih baik…

Balas
Nur kholifah
Senin, 13 Mei 2024

Semangat menuju juara kelas!

Balas
Suparman, S.Pd
Senin, 13 Mei 2024

Semangat Juara

Balas
Warto
Senin, 13 Mei 2024

Bisa ditularkan ilmunya, semoga bermanfaat .

Balas
Elmina Ita Kusuma Wardani
Senin, 13 Mei 2024

Mantap…

Balas
Elmina Ita Kusuma Wardani
Senin, 13 Mei 2024

Sinau …sing pinter pokoe

Balas
Anni Rahayuningsih
Senin, 13 Mei 2024

Semangat berliterasi! 💪

Balas
Senin, 13 Mei 2024

Pelatihan mokrosof meningkatkan literasi.. SMK N10 MAJU TERUS… mantabbb…

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Selasa, 14 Mei 2024

Program yang menarik.

Balas
riski
Kamis, 16 Mei 2024

baguss

Balas
vradik
Kamis, 16 Mei 2024

halo

Balas
Husna
Minggu, 2 Jun 2024

Semangat dan sehat selalu untuk segenap warga SMKN 10 semarang.. 🤲

Balas

Beri Komentar