Info Sekolah
Senin, 28 Apr 2025
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unissula Gelar Koordinasi Praktik Pengalaman Lapangan II untuk Calon Guru

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) bagi Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menggelar kegiatan koordinasi melalui zoom meeting pada hari Selasa, 25 Februari 2025. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 hingga selesai dan dihadiri oleh sebanyak 175 peserta yang terdiri dari Dosen Pembimbing Lapangan, Guru Pamong, serta Kepala Sekolah dari berbagai institusi pendidikan. Acara ini menjadi momentum penting dalam menjamin kelancaran dan kesuksesan program PPL II yang akan segera dimulai.

Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Aida Azizah, M.Pd., yang memberikan gambaran umum tentang Praktik Pengalaman Lapangan II. Dalam sambutannya, Dr. Aida menekankan pentingnya sinergi antara semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL II. “Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu tahapan krusial dalam pembentukan calon guru profesional. Oleh karena itu, kerja sama antara dosen pembimbing, guru pamong, dan kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk memastikan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang optimal,” ujarnya dengan nada penuh semangat .

Kegiatan koordinasi ini juga menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yakni Nuhyal Ulia, M.Pd., dan Jupriyanto, M.Pd. Nuhyal Ulia, M.Pd., menyampaikan materi terkait peran guru pamong dalam kegiatan PPL II. Menurutnya, guru pamong memiliki tanggung jawab besar dalam membimbing mahasiswa agar dapat mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di lapangan. “Guru pamong bukan hanya sebagai pembimbing, tetapi juga sebagai contoh nyata bagi mahasiswa dalam mengelola kelas dan berinteraksi dengan siswa. Peran ini sangat strategis karena akan membentuk karakter dan profesionalisme calon guru,” jelas Nuhyal.

Sementara itu, Jupriyanto, M.Pd., memaparkan timeline pelaksanaan PPL II yang telah disusun secara sistematis. Ia menjelaskan bahwa setiap tahapan dalam PPL II harus dilakukan sesuai jadwal agar tidak mengganggu proses pembelajaran di sekolah mitra. “Kami telah menyiapkan jadwal yang rinci, mulai dari orientasi, observasi, praktik mengajar, hingga evaluasi akhir. Semua pihak diharapkan dapat mematuhi timeline ini demi kelancaran program,” tambah Jupriyanto.

Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, menyatakan kesiapan sekolahnya untuk menerima mahasiswa PPL PPG Gelombang Kedua dari Unissula. “SMKN 10 Semarang siap menjadi tempat belajar bagi mahasiswa, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Kami memiliki berbagai program seperti ekstrakurikuler, program 5S, dan kegiatan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengalaman,” ungkapnya.

Dukungan dari SMKN 10 Semarang ini menjadi angin segar bagi FKIP Unissula. Program-program yang ada di sekolah tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman holistik bagi mahasiswa PPL II. Selain fokus pada pembelajaran di kelas, mahasiswa juga akan diajak untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan program inovatif lainnya. Hal ini sejalan dengan tujuan PPL II untuk mencetak calon guru yang tidak hanya unggul dalam akademik tetapi juga memiliki kemampuan manajerial dan interpersonal yang baik.

Kegiatan koordinasi ini juga menjadi ajang silaturahmi antara berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL II. Para peserta tampak antusias mengikuti sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dinamis. Beberapa pertanyaan yang diajukan berkisar pada teknis pelaksanaan PPL II, peran masing-masing pihak, serta mekanisme evaluasi yang akan dilakukan. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan lugas oleh narasumber dan panitia penyelenggara.

Dr. Aida Azizah, M.Pd., berharap semua pihak dapat bekerja sama dengan baik demi suksesnya pelaksanaan PPL II. “Kami berharap, melalui koordinasi ini, semua pihak dapat memahami peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Dengan demikian, kita dapat bersama-sama mencetak calon guru yang profesional, kompeten, dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan di masa depan,” tutupnya.

Koordinasi Praktik Pengalaman Lapangan II ini tidak hanya menjadi langkah awal menuju pelaksanaan program, tetapi juga menjadi wujud nyata komitmen FKIP Unissula dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui kerja sama yang solid antara perguruan tinggi, sekolah mitra, dan semua pemangku kepentingan, diharapkan PPL II dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak.

Penulis : Ifa Ludfiah, S.Pd., Guru Bahasa Indonesia SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Helmi Yuhdana H., S.Pd., M.M.
Selasa, 25 Feb 2025

Mantaaabbb’s

Balas

Beri Komentar