Info Sekolah
Kamis, 21 Nov 2024
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Penerapan Multimedia Berbasis PPT Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa XI TKR Pada Materi Body Repair

Diterbitkan :

Di era digital saat ini, penerapan multimedia dalam pembelajaran semakin penting, Multimedia adalah kombinasi dari berbagai elemen media, seperti teks, gambar, audio, dan video, yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara interaktif dan menarik. Dewasa ini aplikasi pembuat multimedia telah banyak berkembang dan salah satu aplikasi yang efektif dan sederhana adalah Microsoft PowerPoint (PPT). Multimedia berbasis PPT menggabungkan berbagai elemen media, seperti teks, gambar, video, dan audio, untuk menyajikan informasi secara lebih menarik. Dalam pembelajaran body repair bagi siswa kelas XI TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), penggunaan PPT dapat membantu menjelaskan konsep-konsep teknis body repair yang kompleks dengan cara yang lebih visual dan interaktif. Dengan demikian, siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga dapat memahami dan mengingatnya dengan lebih baik.

Penerapan multimedia berbasis PPT ini dilatar belakangi oleh siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi body repair karena kompleksitas teknik dan istilah yang digunakan. Ketidakpahaman ini dapat mengakibatkan kurangnya minat belajar. Siswa juga cenderung lebih cepat bosan dengan metode pengajaran tradisional yang monoton. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif untuk mengatasi masalah ini.

Multimedia berbasis PPT yang diterapkan dalam pembelajaran body repair memiliki  desain presentasi yang menarik dengan kombinasi warna yang sesuai dan elemen visual yang relevan. Dalam multimedia berbasis PPT perlu menggunakan gambar dan video yang menunjukkan proses body repair, seperti perbaikan bodi kendaraan dan teknik pengecatan. Selain itu, tambahkan animasi untuk menjelaskan langkah-langkah yang kompleks. Interaktivitas juga dapat ditingkatkan dengan menyertakan kuis atau polling setelah penyampaian materi, yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif.

Dampak penggunaan multimedia ini terbukti menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif, dimana dapat mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi, meningkatkan motivasi, dan menghasilkan pengalaman belajar yang lebih bermakna mampu pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.

Dapat disimpulkan penggunaan multimedia berbasis PPT dalam pembelajaran body repair  efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa XI TKR. Dengan memanfaatkan elemen visual yang menarik dan interaksi yang aktif, siswa dapat memahami materi dengan lebih baik. Mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa melalui metode ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk terus mengembangkan penggunaan teknologi dalam pendidikan demi meningkatkan kualitas pembelajaran.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Rizki Maulana, Mahasiswa Lantip Unnes 2024

Penyunting: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

3 Komentar

panji
Rabu, 2 Okt 2024

bagusss

Balas
Helmi Yuhdana H., S.Pd., M.M.
Rabu, 2 Okt 2024

Mantaabbb’s

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Rabu, 2 Okt 2024

Mantap.

Balas

Beri Komentar