Di era digital saat ini, penerapan multimedia dalam pembelajaran semakin penting, Multimedia adalah kombinasi dari berbagai elemen media, seperti teks, gambar, audio, dan video, yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara interaktif dan menarik. Dewasa ini aplikasi pembuat multimedia telah banyak berkembang dan salah satu aplikasi yang efektif dan sederhana adalah Microsoft PowerPoint (PPT). Multimedia berbasis PPT menggabungkan berbagai elemen media, seperti teks, gambar, video, dan audio, untuk menyajikan informasi secara lebih menarik. Dalam pembelajaran body repair bagi siswa kelas XI TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), penggunaan PPT dapat membantu menjelaskan konsep-konsep teknis body repair yang kompleks dengan cara yang lebih visual dan interaktif. Dengan demikian, siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga dapat memahami dan mengingatnya dengan lebih baik.
Penerapan multimedia berbasis PPT ini dilatar belakangi oleh siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi body repair karena kompleksitas teknik dan istilah yang digunakan. Ketidakpahaman ini dapat mengakibatkan kurangnya minat belajar. Siswa juga cenderung lebih cepat bosan dengan metode pengajaran tradisional yang monoton. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif untuk mengatasi masalah ini.
Multimedia berbasis PPT yang diterapkan dalam pembelajaran body repair memiliki desain presentasi yang menarik dengan kombinasi warna yang sesuai dan elemen visual yang relevan. Dalam multimedia berbasis PPT perlu menggunakan gambar dan video yang menunjukkan proses body repair, seperti perbaikan bodi kendaraan dan teknik pengecatan. Selain itu, tambahkan animasi untuk menjelaskan langkah-langkah yang kompleks. Interaktivitas juga dapat ditingkatkan dengan menyertakan kuis atau polling setelah penyampaian materi, yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif.
Dampak penggunaan multimedia ini terbukti menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif, dimana dapat mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi, meningkatkan motivasi, dan menghasilkan pengalaman belajar yang lebih bermakna mampu pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.
Dapat disimpulkan penggunaan multimedia berbasis PPT dalam pembelajaran body repair efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa XI TKR. Dengan memanfaatkan elemen visual yang menarik dan interaksi yang aktif, siswa dapat memahami materi dengan lebih baik. Mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa melalui metode ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk terus mengembangkan penggunaan teknologi dalam pendidikan demi meningkatkan kualitas pembelajaran.
“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”
Penulis: Rizki Maulana, Mahasiswa Lantip Unnes 2024
Penyunting: Tim Humas dan Literasi
bagusss
Mantaabbb’s
Mantap.
Beri Komentar