Satu kata yang terlintas saat kita membayangkan matematika adalah “sulit”. Ya, matematika dipandang mata pelajaran yang sulit bagi beberapa orang mungkin di antaranya adalah Siswa-siswi di SMK. Salah satu materi yang dirasa sulit oleh para Siswa adalah barisan deret. Pada materi ini kompetensi dasar yang harus dicapai adalah menganalisis barisan dan deret aritmetika/geometri serta menyelesaikan masalahkontekstual yang berkaitandengan barisan dan deret aritmetika/geometri.Dari data ujian nasional tahun 2019 untuk SMK rata-rata nasional nilai matematika masih rendah dengan nilai 39,57. Bahkan untuk daerah Jawa Tengah rata-ratanya lebih rendah lagi yaitu 35,26.Kemudian pada materi barisan dan deret terdapat dua indikator materi barisan dan deret. Dari kedua indikator tersebut rata-rata persentase Siswa menjawab benar adalah 29,5%.
Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan minat belajar Siswa sehingga prestasi matematika di sekolah dapat menjadi lebih baik adalah guidedinquiry. Kuhlthauetal. (2015:2) menyatakan bahwa inkuiri adalah pendekatan belajar di mana Siswa menemukan dan menggunakan berbagai sumber informasi dan ide untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang sebuah masalah, topik, atau isu. Dengan pembelajaran tersebut Siswa memperoleh kompetensi dengan dibimbing (guided) melalui proses inkuiri (inquiry) oleh guru.
Melalui guidedinquiry (inkuiri terbimbing) Siswa memperoleh kemampuan untuk menggunakan alat maupun sumber daya untuk belajar. Pada guidedinquirySiswa diarahkan untuk menanyakan secara runtut apa yang diketahui, apa yang ingin diketahui, bagaimana cara mengetahuinya, apa yang telah dipelajari, bagaimana cara menggunakan apa yang telah dipelajari, dan apa yang selanjutnya akan dilakukan. Pedasteetal. (2015:54)mengungkapkan lima langkah utama dalam pembelajaran tersebut adalah (1) orientation (orientasi), (2) conceptualization (konseptualisasi), yang terdiri dari questioning (menanyakan) dan hypothesisgeneration (pembuatan hipotesis), (3) investigation (investigasi), yang terdiri dari exploration (eksplorasi), experimentation (uji coba), dan data interpretation (interpretasi), (4) conclusion (kesimpulan), serta (5) discussion (diskusi), yang terdiri dari communication (komunikasi) dan reflection (refleksi).
Pada pembelajaran yang dilakukan di kelas XI RPL 2 SMK N 10 Semarang penulis mendapatkan hasil belajar Siswa yang baik untuk materi barisan dan deret. Hasil ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh (Sardin, 2015:198). Hal ini dimungkinkan karena pembelajaran guidedinquiry menekankan pada keterlibatan dan keaktifan Siswa (Purwasih, 2015:21). Dalam pembelajaran, Siswa dibimbing untuk menemukan konsep barisan dan deret yang sedang dipelajari. Pembelajaran dengan guidedinquiry mampu mengasah dan melatih keterampilan intelektual, berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah secara ilmiah (Gunur et al., 2019:38). Guru bertugas sebagai fasilitator yang membimbing pemikiran Siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait barisan dan deret dari konsep yang Siswa peroleh (Sardin, 2015:198). Dari hasil bimbingan tersebut Siswa mampu menyimpulkan konsep barisan dan deret sehingga bisa menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi tersebut. Pada keseluruhan proses pembelajaran tersebut membantu Siswa menjadi pribadi yang mandiri dalam keterlibatannya secara aktif.
Pembelajaran guidedinquirybisa dijadikan salah satu alternatif Ibu/Bapak Guru untuk mengajar materi barisan dan deret. Pembelajaran tersebut dapat memantik keterlibatan aktif Siswa khususnya di SMK yang mempunyai karakteristik cukup berbeda dengan Siswa SMA.
“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”
Penulis: Andhika Wildan Krisnamurti, S.Pd., Guru Mapel Matematika
Editor: Tim Humas
Sip sungguh menginspirasi.👍👍
Terbukti siswanya semangat belajar matematika bersama pak guru yang masih muda dan berbakat.
Guruguru SMKN10 Semarang semakin hebat.Keren banget.terus berkreasi melalui tulusan artikelnya.
good job pak👍
sangat membantu baju pembelajaran matematika
Keren
Hebatt🔥
hebatt
Menambah motivasi pengetahuan saat mempelajari matematika, tegas, membantu
hebatt
smkn 10 semarang hebat
Semoga SMK10 semakin hebat dan kerennn🔥🔥
sangat hebatt
Hebat
luar biasa👍
Guruguru SMKN10 Semarang semakin hebat.Keren banget.terus berkreasi melalui tulusan artikelnya.
Good job, matematika akan menyenangkan jika kita ingin berusaha dan mengubah kata “tidak bisa” menjadi bisa
hebattt
terus berkreasi melalui artikel yang dibuat
keren
keren
bagus dan mantab
Semakin hebat , terus berkreasi, semakin majuu
Keren sangat bermanfaat
keren,luar biasa
semoga SMK N 10 semakin hebat dan terus berkreasi.
Tetap semangat dan semakin kreatif
Tita Adelia Yahya
Artikel keren, terus berkreasi dan kembangkan imajinasi nya.
semoga smkn 10 semakin sukses. aamiin
berkreasi dan kreatif dalam mengajar
keren betull👍👍
mantapp👍bagus banget informasinyaa👍
Guru SMKN 10 Semarang hebat hebatt🔥🔥👍🏼
Hebat
semangat dan terus berkreasi SMKN 10 Semarang
Semoga SMK 10 Semakin Jaya dan dapat menampung keluh kesah dari siswa siswi SMK negeri 10 Semarang
luar biasa dan kreatif, semoga SMK 10 makin maju.
Guru-gurunya hebat 👍
Guru-gurunya baik dan hebat 👍
Beri Komentar