Pada era saat ini kita memasuki zaman di mana informasi bisa kita dapatkan dari banyak sumber. Informasi tersebut di antaranya terkait data numerik. Di lingkup pendidikan para guru matematika perlu melatih para siswa untuk mampu dalam menyaring dan memanfaatkan informasi. Dalam menjawab tantangan tersebut terdapat perkembangan teknologi yang bisa dimanfaatkan guru salah satunya adalah kalkulator. Apa saja yang perlu dilakukan para guru matematika?Barry Kissane pada artikel The Place of Calculators in Mathematics Education in Developing Countries memberikan gambaran jawaban pertanyaan tersebut.
Pandangan yang mendukung penggunaan kalkulator ialah bahwa kalkulator menawarkan siswa cara-cara baru untuk mengeksplorasi ide-ide matematika untuk diri mereka sendiri.Siswa perludibimbing dalam menemukan dan mengeksplorasi sendiri ide-ide matematika mereka beserta hubungannya memanfaatkan kalkulator.Selebihnya siswa perlu mengetahui cara menggunakannya dengan guru bertugas merangsang aktivitas produktif sesuai kurikulum di sekolah.
Penerapan matematika di kehidupan sehari-hari dapat diselesaikan dengan kalkulator sehingga siswa dapat menggunakan data yang mereka peroleh sendiri dan jenis informasi nyata lainnya. Berbekal kalkulator, siswa tidak akan pernah menghadapi perhitungan di luar kemampuan mereka untuk menyelesaikannya. Hal tersebut juga memungkinkan mendorong dan membantu mereka melihat relevansi matematika dengan dunia sehari-hari.
Peran guru menjadi sangat penting saat membimbing para siswa menggunakan kalkulator dalam pembelajaran matematika.Guru harus percaya diri dalam menggunakan teknologi sebelum mereka dapat membantu siswanya secara efektif. Pada tahap awal pengembangan profesional, guru mungkin perlu berkonsentrasi pada pengembangan keahlian dengan kalkulator. Langkah kedua guru bisamembuat beberapamateri yang sesuai dengan penggunaan kalkulator. Langkah terakhir adalah mengadaptasi kalkulator lebih jauh dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan dan minat siswa.Pemanfaatan kalkulator yang paling optimal adalah dengan fokus pada pengembangan konsep matematika dan bukan hanya pada perhitungan. Hal tersebut mungkin memerlukan perubahan pendekatan pedagogi yang signifikan bagi beberapa guru di beberapa wilayah.Menggunakan kalkulator to learn with dan to learn from dibandingkan menganggap kalkulator hanya sebagai alat untuk memberikan jawaban numerik memerlukan perubahan sikap pedagog merupakan hal yang sulit bagi sebagian guru. Akan tetapi pasti ada beberapa materi yang bisa kita manfaatkan sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar menggunakan kalkulator.
“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”
Penulis: Andhika Wildan Krisnamurti, S.Pd., Guru Mapel Matematika
Editor: Tim Humas dan Literasi
Mantaabbb’s pak Sangaarr
Semoga bermanfaat.
Keren Pak Krisna ,,, sat set 👍💯
Terima kasih Pak Krisna, ilmunya sangat membantu dan dapat diterapkan 🙏
Setuju Pak Krisna, beberapa materi memang memerlukan penggunaan kalkulator untuk mempermudah proses perhitungan. Tantangannya adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang penggunaan kalkulator tanpa menghilangkan keterampilan berhitung dasar mereka.
Beri Komentar