Memahami pentingnya Bahasa Inggris untuk Siswa SMK. Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional yang di gunakan publik. Secara keseluruhan di seluruh dunia ini menjadi salah satu bahasa yang perlu di pelajari.
Apalagi sekarang sudah mulai masuk zaman globalisasi, perdagangan bebas, tentu hubungan dengan negara luar apalagi luar negeri sangat di butuhkan. Bahkan tidak sedikit orang tua yang sudah mulai mengarahkan Siswanya untuk belajar Bahasa Inggris sejak SD. Harapannya dengan diperkenalkannya Bahasa Ingris dari sejak dini akan lebih muda untuk mengajarkan Siswa ke tahap berikutnya, Walau terkesan tidak seperti budaya sendiri, namun memang kita tidak memungkiri Bahasa Inggris sangat di butuhkan. Tidak hanya orang luar saja, namun orang Indonesia juga butuh.
Bahasa Inggris diperlukan oleh semua orang, tak terkecuali Siswa SMK. Apa sih sebenarnya manfaat Bahasa Inggris untuk Siswa SMK? Bukankah Siswa SMK lebih banyak bekerja setelah lulus dari SMK? Bahkan lulusan SMK juga banyak di butuhkan sekarang. SMK bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja dengan kemampuan atau skill yang kompeten salah satu nya adalah bisa berbahasa Inggris baik secara aktif atau pasif dikarena sebagian perusahaan mengunakan peralatan yan instruksinya menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu ada sebagian perusahaan yan bekerjasama dengan perusahaan asing, tetapi ini ternyata tidak berjalan semulus yang kita bayangkan ketika Siswa sudah menginjak di jenjang yang lebih tinggi dengan tingkat kesulitan materi dan tuntutan untuk bisa berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sebagian Siswa akan merasa kesulitan dalam hal merangkai kata dan untuk medapatkan kosa kata yang tepat untuk mengungkapkan. Berdasarkan dari permasalahan di atas kami di SMK utamanya Kelas X berusaha untuk memberikan motivasi awal dengan dengan menggunakan beberapa Metode dan Game, ada beberapa metode yang sudah kami coba salah satu adalah dengan menggunakan media TABOO Game
Media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yan dapat di pakai umtuk tujuan pendidikan seperti radio, televisi,buku,koran dll Robert Hanick dkk (dalam sanjaya 2021: 57)
Taboo game adalah permainan tebak kata, Siswa harus dapat menebak kata yang disembunyikan, dan Siswa tidak boleh menyebutkan kata-kata yang tertulis dikartu taboo cara nya Siswa diminta untuk berpasangan kemudian guru menuliskan sebuah kata di atas kertas dan kertas tersebut ditempel dan di ikatkan di atas kepala. Contohnya nih, buat jelasin kartu dengan jawaban basket, Siswa bisa aja dilarang menggunakan kata-kata seperti olahraga, lapangan, keranjang, lempar dan lompat. Dengan begitu Siswa dipaksa berpikir cepat dan kreatif menggunakan kosakata yang unik dan out of the box. Menarik banget kan?
Kemudian dari kata tersebut dikembangkan menjadi sebuah kalimat.dan hasilnya sungguh luar biasa Siswa menjadi bersemangat dalam belajar mencari kosakata, mengembangkan dan merangkai kalimat, selain itu rasa malu dan perasaan minder hilang sedikit demi sedikit. Pemebelajran yang interakti, efektif dan menyenangkan bisa tercipta, Siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran kita. Berdasarkan pengalaman dengan metode diatas yang kami berikan di kelas X NKN pada Kompetensi Dasar: “Describing People, things dan Places”. Dengan materi History Places in Yogyakarta bisa di simpulkan bahwa taboo game bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran umtuk saran dan penulis karena metode ini memerlukan waktu yang tidak sedikit maka Guru harus bisa mengelola waktu sebaik mungkin, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kegiatan pembelajaraan utamanya Bahasa Inggris.
“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”
Penulis: Dwi Palupi Widyasari, S.Pd., M.Si., Guru Mapel Bahasa Inggris
Editor: Tim Humas
Mantap Mrs
Kereeen 👍👍
Joos
Mantap
Smkn 10 smg jaya terus berkarya
Beri Komentar