Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Bimbingan Pemustaka Kelas X SMKN 10 Semarang: Meningkatkan Literasi Digital dan Minat Baca

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang – Perpustakaan SMKN 10 Semarang menjadi lokasi kegiatan “Bimbingan Pemustaka” yang selenggarakan khusus untuk siswa kelas X. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 6, 7, dan 11 Desember 2023, dimulai pukul 08.00 dan berlangsung hingga selesai. Setiap kelas diberikan waktu selama 30 menit sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan melalui wali kelas.

Acara ini dihadiri oleh peserta dari 15 kelas, mewakili seluruh siswa kelas X dari 7 jurusan yang berbeda, yaitu KKB, TPK, NKN, TRKO, RPL, TP, dan TSM. Kegiatan ini diawali dengan sambutan hangat dari Ibu Dra. Sami, Kepala Perpustakaan SMKN 10 Semarang, yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari pemateri utama, Anni Rahayuningsih, S.Hum., tenaga perpustakaan SMKN 10 Semarang.

Materi presentasi yang disajikan mencakup berbagai aspek perpustakaan, dimulai dari perkenalan, tata tertib, jam buka-tutup, informasi seputar peminjaman, hingga membahas jenis-jenis koleksi dan layanan yang tersedia. Pembahasan juga melibatkan topik keanggotaan, sumber-sumber akses e-book pada perpustakaan digital, dan sesi tanya jawab yang memberikan ruang bagi siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan pemateri.

Sesi akhir kegiatan diisi dengan mengisi survey mengenai kegiatan bimbingan pemustaka, sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan yang dapat menjadi dasar perbaikan dan peningkatan layanan di masa mendatang.

Bapak/Ibu Guru wali kelas turut serta mendampingi siswa selama kegiatan, menunjukkan dukungan penuh terhadap peningkatan literasi dan pemahaman siswa terhadap perpustakaan.

Tujuan dari kegiatan ini sangat jelas yaitu untuk memperkenalkan siswa pada fasilitas, layanan, dan koleksi yang dimiliki Perpustakaan SMKN 10 Semarang, juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap literasi dan literasi digital, khususnya dalam pemanfaatan e-book.

Ibu Anni sebagai pemateri berharap, “Semoga siswa-siswi SMKN 10 Semarang semakin rajin untuk mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaan. Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi mereka.”

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan Perpustakaan SMKN 10 Semarang akan semakin menjadi pusat pengetahuan yang memberikan kontribusi positif pada perkembangan literasi dan pengetahuan siswa-siswi SMKN 10 Semarang.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum. (Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang)

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Suparman, S.Pd
Senin, 11 Des 2023

Mantap…sukses…👍👍👍

Balas
Hesti S
Jumat, 15 Des 2023

👍👍👍

Balas
Landung jati ismoyo
Rabu, 20 Des 2023

Semoga siswa smkn 10 semarang semakin bertambah niat & Semangat literasinya

Balas

Beri Komentar