Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

“Ayo Rukun di SMKN 10 Semarang: Pemasangan Banner dan MMT Sebagai Langkah Pencegahan Terhadap Bullying di Lingkungan Sekolah”

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kepanduan

Semarang, 17 November 2023 – Sebagai langkah nyata dalam mendorong kerukunan dan menghindari tindakan kekerasan serta bullying di lingkungan sekolah, SMKN 10 Semarang melakukan tindakan “Pemasangan Banner dan MMT Ayo Rukun” pada Jumat, 17 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di depan ruangan Bimbingan Konseling (BK) SMKN 10 Semarang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan beserta sejumlah guru-guru terkemuka SMKN 10 Semarang. Mereka siap menjadi guru yang memberikan pandangan dan wawasan tentang pentingnya menjaga toleransi dan menghindari perundungan (bullying), khususnya di lingkungan sekolah.

Pemasangan banner dan MMT (Media Massa Tertulis) bertemakan “Ayo Rukun” ini menjadi bagian dari upaya pihak sekolah dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh siswa. Pemasangan dilakukan secara simbolis oleh para guru sebagai komitmen bersama untuk melibatkan seluruh komponen sekolah dalam mewujudkan suasana yang harmonis.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, yang juga menjadi penanggung jawab, menyampaikan pentingnya menjaga toleransi di antara siswa. “Kami percaya bahwa dengan saling menjaga toleransi, kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan perkembangan pribadi setiap siswa,” ujarnya.

Pemasangan banner dan MMT tersebut turut diharapkan dapat menggugah kesadaran seluruh siswa dan staf sekolah tentang pentingnya berperilaku positif, menghormati perbedaan, serta tidak mengambil jalur kekerasan atau bullying dalam menyelesaikan masalah.

Ibu Dwi Palupi Widyasari, S.Pd, M.Si, salah satu guru yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, berharap agar upaya ini dapat meminimalisir tindak kekerasan dan bullying di sekolah. “Dengan suasana yang kondusif, diharapkan siswa merasa nyaman dan dapat berkembang secara optimal,” tuturnya.

Selain itu, Ibu Dwi juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendukung upaya sekolah. “Kami berharap dukungan dari orang tua siswa untuk ikut mengawasi dan membimbing anak-anak mereka agar bisa bersikap baik di sekolah maupun di rumah,” tambahnya.

Kegiatan pemasangan banner dan MMT “Ayo Rukun” di SMKN 10 Semarang tidak hanya menjadi momentum untuk menyuarakan anti-kekerasan dan anti-bullying, tetapi juga sebagai langkah positif dalam membentuk karakter dan kepribadian yang baik bagi generasi penerus bangsa serta sebagai upaya pencegahan bullying.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar