Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Antusiasme Menulis Publikasi Ilmiah

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat, bisa berupa berita ataupun makalah. Makalah yang disajikan harus merupakan tulisan ilmiah yang berisi ringkasan laporan hasil penelitian, gagasan, ulasan, atau tinjauan ilmiah.

Sangat penting dan berguna bagi Guru khususnya untuk mengikuti pelatihan publikasi ilmiah. Karena dengan demikian, Guru dapat belajar untuk meningkatkan kompetensi terutama dalam menulis karya ilmiah. Menulis merupakan proses menuangkan kreativitas atau gagasan ke dalam bentuk bahasa tulisan, yang biasanya disebut dengan karangan. Karena, penulis mengungkapkan isi pikiran, ide, pendapat atau keinginannya melalui tulisan tersebut. 

Pada hari Selasa, 8 Februari 2022, SMK Negeri 10 Semarang mengadakan kegiatan Pelatihan Publikasi Ilmiah yang dihadiri oleh seluruh Guru, dengan Narasumber Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd., selaku Kepala SMK Negeri 10 Semarang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas berfikir para Guru SMK Negeri 10 Semarang dalam hal menulis, terutama menulis karya ilmiah poluler. Dan sekaligus sebagai agenda kegiatan pada minggu pertama setelah kegiatan PJJ diberlakukan kembali pada bulan Februari 2022.

Pada pelatihan ini, Kepala Sekolah menjelaskan bagaimana langkah-langkah dalam menulis dari yang sederhana sampai yang kompleks. Langkah pertama, yang harus ditulis berupa berita, artikel, PTK, dan yang paling kompleks berbentuk buku. Kepala Sekolah pun mendorong seluruh Guru untuk berani menulis berita tentang segala kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Dengan demikian, Guru dapat berperan aktif untuk mempublikasikan berita dengan segala kegiatan dan keunggulan SMK Negeri 10 Semarang kepada masyarakat luas. Sehingga, SMK Negeri 10 Semarang dapat berbagi manfaat dengan sekolah maupun lembaga pendidikan lain untuk kemajuan bersama.

Langkah kedua, menulis artikel. Artikel dapat ditayangkan melalui web sekolah maupun diterbitkan melalui media massa/surat kabar. “Untuk penerbitan artikel di media massa/surat kabar, akan membantu Guru yang akan naik pangkat/golongan. Sebagai persyaratan kenaikan pangkat perlu dilampirkan bukti fisik artikel yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah, dan disertai dengan bukti surat keterangan/setifikat/piagam dari panitia penyelenggara. Dari penulisan artikel ini Guru sebagai penulis akan memperoleh nilai angka kredit sebesar 1,5 per artikel”, demikian penjelasan dan arahan dari Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd.

Melalui menulis, kreatifitas dan inovasi Guru akan tumbuh. Demikian dukungan dan motivasi yang diberikan Kepala Sekolah kepada Guru. Sehingga, bersama-sama sehingga membangun SMK Negeri 10 Semarang menjadi lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lain. 

SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia

Penulis: Suparyati, S.Pd., Guru Mapel Bahasa Indonesia

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar