Info Sekolah
Rabu, 09 Okt 2024
  • Guru PAI SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru PAI Berprestasi Kemenag Kota Semarang##SMKN 10 Semarang Juara 2 Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat Tk. Nasional

Direktorat SMK Menyelenggarakan Sosialisasi Apresiasi SMK Pusat Keunggulan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

Jakarta-Direktorat SMK melalui Tim Kerja SMK sebagai Pusat Keunggulan menggelar kegiatan Apresiasi SMK Pusat Keunggulan pada Selasa, 8 Oktober 2024. Acara ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom, dengan Febry Ardeli sebagai moderator. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para kepala sekolah dari berbagai SMK pelaksana program Pusat Keunggulan di seluruh Indonesia.

Adri Patiung dari Direktorat SMK menjelaskan, tujuan utama dari kegiatan Apresiasi SMK Pusat Keunggulan ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada SMK yang telah berhasil menjalankan Program SMK Pusat Keunggulan. “Kami ingin memberikan apresiasi kepada SMK yang telah menjalankan program ini, melihat sejauh mana dampak dan manfaatnya, serta sebagai sarana publikasi program ini,” ujar Adri Patiung. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi SMK lain agar mengikuti praktik terbaik (best practice) yang diterapkan oleh SMK Pusat Keunggulan terbaik di masing-masing provinsi.

Program Apresiasi ini melibatkan SMK yang menjadi pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan dari tahun 2021 hingga 2024. Adri Patiung menekankan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mengumpulkan data dari seluruh SMK pelaksana guna membangun basis data yang kuat tentang SMK Pusat Keunggulan di setiap provinsi. “Kami berharap, melalui pengumpulan infografis, video prestasi, dan pengisian Sistem Manajemen Kerja Sama (SIKERMA) yang dimulai dari 8 hingga 21 Oktober 2024 melalui platform Takola, kami bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang keberhasilan program ini,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, Syaeful Anwar dan Panji Akbar dari Mitras DUDI juga memberikan pemaparan tentang SIKERMA. Mereka menjelaskan, SIKERMA adalah sistem yang dikembangkan sebagai tindak lanjut dari Permendikbudristek Nomor 31 Tahun 2022 tentang Satu Data Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. “Sikerma digunakan sebagai platform referensi bagi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta informasi mengenai kerjasama antara satuan pendidikan vokasi dan DUDI,” ujar Syaeful Anwar. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan kolaborasi antara pendidikan vokasi dan dunia industri dapat berjalan lebih efektif dan transparan.

Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd., turut hadir dalam kegiatan ini dan menyampaikan apresiasinya terhadap Program SMK Pusat Keunggulan. Menurutnya, program ini telah memberikan dampak positif bagi sekolah yang dipimpinnya. “Program SMK Pusat Keunggulan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di SMKN 10 Semarang. Kami melihat ada banyak perubahan positif dalam pengelolaan sekolah dan kualitas lulusan,” ungkap Ardan. Ia juga berharap program serupa dapat terus dilanjutkan dan diperluas agar semakin banyak SMK yang dapat merasakan manfaatnya.

Kegiatan Apresiasi SMK Pusat Keunggulan ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang penghargaan, tetapi juga menjadi momentum bagi SMK di seluruh Indonesia untuk saling belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui pengumpulan data dan publikasi best practice, Direktorat SMK berharap dapat menciptakan jaringan kerjasama yang kuat antara SMK dan Dunia Usaha serta Dunia Industri, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mampu bersaing di era global.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Ketua Pokja Pusat Keunggulan SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Elmina Ita K., S.Pd., M.Si.
Selasa, 8 Okt 2024

Mantab…pokoe

Balas
Suparman, S.Pd
Rabu, 9 Okt 2024

Semakin hebat👍💯

Balas

Beri Komentar