Info Sekolah
Selasa, 22 Okt 2024
  • Guru PAI SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru PAI Berprestasi Kemenag Kota Semarang##SMKN 10 Semarang Juara 2 Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat Tk. Nasional

Ubah Mindset Matematika Menyenangkan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan

Mengubah mindset bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menyeramkan. Sebagai seorang pendidik harus dapat menyingkirkan mindset bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menyeramkan.

Pelajaran matematika di sekolah sejak dahulu selalu dinilai susah dan menakutkan, sebab kegiatan berhitung tersebut selalu mengalami peningkatan kesulitan sesuai dengan tingkat pendidikan sehingga banyak anak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Namun demikian, persepsi matematika yang menakutkan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Perlu adanya strategi yang tepat agar anak didik mencintai matematika.

Pada tanggal 8 september 2022 di SMKN 10 Semarang guru matematika Ibu Nyaminah, S.Pd. dan mahasiswa UPGRIS Delina Febriani sepakat menerapkan strategi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut cara menumbuhkan mindset pada siswa kelas X- TP 1 SMKN 10 Semarang terhadap matematika yaitu (1) memberikan penjelasan secara gamblang, tegas, dan tidak berbelit-belit sehingga siswa dapat menangkap materi dengan mudah, (2) diawal pembelajaran, biasakan memberikan motivasi dan nuansa yang ceria kepada siswa, agar mereka tidak merasa tegang untuk belajar matematika. Lalu mulai memberikan penjelasan manfaat yang di dapat terkait materi yang akan dipelajari, (3) menyampaikan materi secara santai namun tetap dalam target, ketika menerangkan jangan terlalu cepat karena dapat membuat siswa  kurang paham, (4) biasakan untuk tidak menuntut siswa menghafalkan rumus melainkan dengan memberikan banyak latihan soal yang berguna bagi siswa untuk mengingatkan materi yang telah dipelajari.

Demikian langkah yang dibuat untuk mengubah mindset siswa menyenangi matematika.

Penulis : Dalina Febriani,  Guru Magang SMKN 10 Semarang dari Upgris. 

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Dewi
Senin, 12 Sep 2022

Bu Guru juaraaakkkk 😘😘

Balas
landung jati ismoyo
Sabtu, 17 Sep 2022

betull.semangat

Balas

Beri Komentar