Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah Angkatan 2 : Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Hari keenam Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah Angkatan 2, yang berlangsung dengan antusias, telah memasuki materi tentang “Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).” Materi yang disampaikan pada hari ini melibatkan narasumber yang berkompeten, yaitu Ibu Rita Purnama Sari, M.Ed, yang berasal dari KSPSTK  Kemdikbudristek.

Dalam paparannya, Ibu Rita Purnama Sari menjelaskan peran penting guru sebagai tenaga pendidik profesional. Guru memiliki tugas utama yang mencakup mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik di berbagai jalur pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan menengah. Pandangan ini didukung oleh Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Narasumber juga menguraikan kompetensi guru berdasarkan Perdirjen GTK No. 2626 Tahun 2023. Kompetensi guru yang ditekankan mencakup empat area utama. Pertama, dalam Kompetensi Pedagogik, guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman, mengimplementasikan pembelajaran yang efektif yang berfokus pada peserta didik, serta melakukan asesmen, memberikan umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada perkembangan peserta didik.

Selanjutnya, dalam Kompetensi Kepribadian, guru diwajibkan menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual sesuai dengan kode etik guru, mengembangkan diri melalui refleksi, dan selalu berorientasi pada peserta didik dalam tindakan mereka. Kompetensi Sosial mengharuskan guru untuk berkolaborasi dengan rekan sekerja guna meningkatkan pembelajaran, melibatkan orang tua dan masyarakat dalam proses pendidikan, serta terlibat aktif dalam organisasi profesi dan jaringan yang lebih luas untuk peningkatan pembelajaran.

Terakhir, dalam Kompetensi Profesional, guru diharapkan memiliki pengetahuan konten yang kuat dan mampu mengajarkannya dengan efektif, memahami karakteristik peserta didik dan cara belajar mereka, serta mampu merancang dan menerapkan kurikulum dengan baik. Pemahaman mendalam tentang kompetensi ini penting dalam membentuk pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan.

Pelatihan ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang tugas dan tanggung jawab guru dalam sistem pendidikan, serta menggarisbawahi pentingnya pengembangan kompetensi guru. Hal ini akan membantu kepala sekolah dalam mengelola dan mendukung staf pendidikan mereka untuk mencapai standar yang tinggi dalam pendidikan. Selain itu, pemahaman yang kuat tentang kompetensi guru juga berdampak positif pada peningkatan mutu pendidikan di berbagai jalur pendidikan di Indonesia.

Penulis : Susanti, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar